Talkshow : “Akses Informasi Guna Penguatan Peran Perempuan Pelaku UMKM Di Masa Pandemi”

326 total views, 1 views today

Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Cobid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UKM di Indonesia mulai gelisah.

Terlebih baru-baru ini, sebuah studi menyebut jika Covid-19 akan membuat Indonesia mengalami penurunan persentase pertumbuhan ekonomi sebesar 0.1% di tahun 2020.

Kita tahu bahwa peran perempuan telah bertransformasi dari semula hanya sebagai pendukung ekonomi keluarga, kini menjadi tulang punggung. Peran Perempuan Pelaku UMKM semakin dioptimalkan. Hal ini membuat perempuan menjadi sasaran dan segmen khusus dalam hal penguatan karakter sumber daya manusia (SDM) oleh pemerintah. Termasuk di bidang UMKM.

Dalam memperkuat karakter SDM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengembangkan tiga program prioritas. Program tersebut terdiri atas pelatihan kewirausahaan yang di dalamnya termasuk pemasyarakatan kewirausahaan, pelatihan perkoperasian (termasuk koperasi syariah), dan pelatihan vokasional atau keterampilan teknis.

Program-program tersebut walaupun tidak secara spesifik menyasar kaum perempuan, tetapi banyak diikuti oleh kaum perempuan. Hal ini membuktikan bahwa para perempuan ingin berperan dalam menunjang ekonomi keluarganya.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap perekonomian Indonesia, terutama keberlangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebanyak 61,2% pelaku usaha UMKM menyatakan terdampak secara negatif, dan bahkan 32,2% sangat negatif. Saat ini, pemerintah berupaya membangkitkan kembali perekonomian.

Guna membahas sekaligus mendorong upaya dan strategi bersama, pelu diadakan diskusi membahas strategi Perempuan Pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19 dan Mempersiapkannya Menuju era new normal.

Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi akses informasi dan strategi untuk mendukung perempuan pelaku UMKM dalam masa pandemi.

Resource Persons/Narasumber:

Herta Uli Harianja

Pendiri Yayasan Wirausaha Muda Mandiri

(YSEALI Women Leader delegate 2019, SEA-British Council 2019, Yelp BIN 2019)

 

Baca juga  Perempuan Melek Digital, Perempuan Berdaya

Host

Sry Lestari Samosir

Fellowship PPMN – Unesco 2020

 

Semoga bermanfaat. Mari saling menguatkan dalam meningkatkan  Peran Perempuan Pelaku UMKM.

Ingat pesan Ibu Pakai maskermu Cuci tangan pakai sabun Jangan sampai tertular Ingat selalu pesan Ibu Jaga jarakmu Hindari kerumunan Jaga keluargamu.

 

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply