Suka Cita Paskah Di Tengah Pandemik Covid – 19

5,992 total views, 5 views today

Kiranya iman dan suka cita Paskah di tengah pandemik Covid – 19 tidak berkurang. Tahun ini kita terpaksa tidak beribadah Paskah di Gereja dikarenakan upaya pencegahan penyebaran virus corona. Tidak beribadah Paskah di gereja bukan berarti kita tidak bisa merayakan Paskah di rumah. Misa online, coklat dan telur Paskah dapat memeriahkan Paskah di rumah bersama kelurga.

Bagaimana caranya? Buatlah perayaan Paskah tahun ini lebih seru dari perayaan di tahun-tahun sebelumnya di rumah saja. Ajaklah anak melakukan beberapa kegiatan ini:

1. Berburu telur Paskah secara online

Setelah ibadah Paskah online kita bisa berburu telur Paskah juga secara online. Walaupun kita gak bisa berkumpul dengan teman-temannya yang lain untuk merayakan Paskah bersama. Tapi guru sekolah minggu dan orangtua bisa bekerja sama untuk membuat acara Paskah secara online.
Guru sekolah minggu bisa meminta bantuan orangtua untuk menyembunyikan beberapa telur Paskah di rumah sebelum acara perburuan telur. Acara ini memang akan dimainkan secara online. Tapi tetap akan seru karena anak diajak untuk aktif menemukan telur Paskah di sekitar rumahnya.

2. Lomba Kostum

Sama halnya dengan berburu telur Paskah, anak juga bisa diajak untuk ikut lomba kostum Paskah.
Mintalah anak untuk memakai kostum Paskah terbaik mereka dan menampilkannya saat perayaan Paskah online.
Hal ini akan sangat menarik karena anak akan merasa tertantang untuk membuat kostum terbaik dan memamerkannya ke semua teman-temannya.

3. Buat Perlombaan Makan

Setelah ibadah online selesai. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk bermain. Salah satunya adalah membuat kontes makan di rumah.
Lomba ini cukup sederhana. Hanya perlu mempersiapkan cemilan entah itu popcorn, kerupuk atau snack lainnya. Lalu minta anak untuk jadi peserta melawan saudaranya yang lain. Lalu tentukan berapa lama waktu mereka harus menghabiskan snack tersebut.
Bagi yang berhasil menghabiskan makanan lebih cepat, maka dia pantas mendapatkan hadiah yang sudah disediakan. 

4. Nonton film Paskah

Paskah juga bisa dirayakan bareng anak dengan menonton film-film Paskah pilihan.
Pastikan anak merasa betah dengan tontonan tersebut. Lalu setelah film selesai orangtua juga bisa mengajaknya untuk berdiskusi soal film.

5. Rayakan dengan photo booth

Cara yang satu ini juga terbilang seru. Selama Paskah semua keluarga Kristen memang akan terpaksa tinggal di rumah. Nah, biar semua anggota keluarga tetap produktif dan aktif cobaah untuk mengajak mereka menghias photo booth di rumah.
Setelah itu ajaklah komunitas gereja untuk memamerkan hasil photo booth keluarga mereka masing-masing. Kontes ini pasti akan sangat menantang anak-anak untuk menampilkan foto terbaiknya.
Kondisi yang terjadi saat ini bukan alasan untuk menghilangkan kemeriahan Paskah anak. Karena itu, orangtua dan juga guru sekolah minggu perlu menemukan ide-ide yang menarik supaya anak tetap merasa terhibur dan yang terpenting mereka punya pengalaman tak terlupakan di momen-momen ini.

6. Lomba menghias Telur paskah di rumah bersama keluarga

Saat kumpul bersama keluarga, salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah melakukan dekorasi telur. Selain bertujuan untuk menjalin kedekatan antar anggota keluarga, ini juga dapat melatih kreativitas anak. Jadi, tak ada salahnya mengganti aktivitas mencari telur dengan menghiasnya. Namun jangan lupa, siapkan hadiah menarik jika Anda akan melakukan perlombaan untuk karya terbaik.

7. Main truth or dare dengan telur

Karena perayaan Paskah tak jauh dari segala sesuatu yang berbau telur, ada baiknya jika Anda melakukan permainan truth or dare dengan menggunakan telur. Jika umumnya permainan tersebut menggunakan botol yang diputar, sekarang, gantilah dengan telur plastik yang telah diisi tulisan jujur atau berani, kemudian secara bergantian, mereka akan memilih telurnya sendiri. Jika berani, mungkin salah satu tantangannya adalah menghabiskan beberapa porsi telur.

8. Memasak Bersama

Setiap perayaan, pasti tak luput dari acara makan-makan. Artinya, selain mencari telur, Anda dapat bereksperimen dengan memasak bersama keluarga. Bahan apapun dapat digunakan. Selain mengenalkan anak pada bahan dan cara memasak, Anda bersama keluarga pun dapat menikmati hasil akhirnya. Lagipula, ini akan menghemat pengeluaran dibandingkan dengan pergi makan keluar, bukan?

Kiranya iman umat dan suka cita Paskah di tengah pandemik Covid – 19 tetap teguh.

Facebook Comments
Baca juga  Memaknai Jumat Agung: ”Pengampunan Tanpa Batas Dari Tuhan”

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply