Sudahkah Kita Mengasihi Allah dan Sesama Hari ini ? Ini yang Utama!

1,329 total views, 1 views today

RENUNGAN KATOLIK HARI INI | Jumat 20 Maret 2020 |

Hari Biasa Pekan III Prapaskah Hos. 14:2-10; Mzm. 81:6c-8a,8bc-9,10-11ab,14,17;

Mrk. 12:28b-34  Warna Liturgi Ungu

======

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu”

=====

Siapa itu pahlawan dan siapa itu teroris? ISIS apakah pahlawan atau terroris? Ada yang menganggap ISIS adalah pahlawan. Pahlawan sejati adalah orang yang berakhlak mulia dan memperjuangkan hal-hal mulia pula bagi semua orang, bukan hanya bagi sekelompok kecil.

Akhlak yang paling mulai adalah Cinta kasih. Kasih kepada Allah dan (serentak) kepada sesama. Tidak cukup hanya kasih kepada Allah atau kepada sesama. Mengasihi Allah tapi berkata kafir dan jahat kepada sesama manusia tidaklah kasih yang utuh. Sebaliknya mengasihi sesamanya tetapi tidak peduli kepada Allah juga bukan Kasih yang benar. Orang Yahudi juga (pada masa Yesus) belum sungguh sanggup menyatukan kasih kepada Allah dan kepada sesama.

Kendati Hukum Taurat sudah menandaskan itu jauh-jauh hari sebagai perintah. Mereka menganggap bangsanya istimewa di hadapan Allah sehingga menganggap bahwa suku/bangsa lain itu kafir. Yesus berkata, sanggup menyatukan kasih kepada Allah dan kasih kepada sesama merupakan hukum (kasih) yang pertama dan utama.

Inilah yang harus diperjuangkan oleh semua orang terlebih mereka yang menyatakan diri sebagai pengikut Yesus Kristus. Semoga kita tidak pernah mendengung-dengunkan kasih kepada  Allah di atas penderitaan orang atau agama lain.

Saat kita menunjukkan kasih kepada Allah, orang lain merasakannya, itulah kasih yang benar dan utuh. Apakah hari ini kita akan menunjukkan kasih itu? Jika ya berarti kita telah melakukan yang utama pada hari ini.

 

Baca juga  Kembali pada Bapa Yang Penuh Kasih dan Pengampunan

Pastor Alexander Silaen OFM Cap

 

Facebook Comments

Jansudin Saragih

REDAKTUR ||"Carpe diem" || Youtube : 2share4life

Leave a Reply