Menjalani Masa Prapaskah Dengan Teguh Melalui 7 Tips ini!

253 total views, 1 views today

Menjalani masa prapaskah ini apakah imanmu sudah semakin tumbuh? Bagaimana aksi puasa dan berpantangmu? Semoga semakin teguh dalam iman ya…! Nah.. di sini ada 7 tips yang berguna bagi pengembangan kehidupan rohani kita selama prapaskah. Yuk kita simak dan jangan lupa dipraktekkan.

  • Mulai melakukan pantang dan puasa. Berpantanglah untuk hal-hal yang Anda suka (misalnya makan daging, bermain, media sosial terbuka), dan jangan lupa untuk berpuasa (makan 1 X kenyang). Akan lebih baik jika Anda pantang dan puasa bukan hanya pada hari yang diperlukan, tetapi juga pada hari-hari biasa yang tidak wajib.
  • Jika memungkinkan, menghadiri Misa harian di paroki Anda, dan menghabiskan beberapa menit untuk berdoa di hadapan Sakramen Kudus. Berdoa bagi jiwa-jiwa di api penyucian dan orang-orang berdosa yang mereka bertobat.
  • Meningkatkan frekuensi pengakuan Anda, karena Prapaskah juga merupakan waktu untuk bertobat dan pembaharuan. Anda harus tahu bahwa pengakuan secara teratur memiliki manfaat psikologis dan spiritual yang baik bagi kita.  Menjalani Masa Prapaskah dengan sikap tobat akan semakin membuat kita dekat dengan Allah.
  • Jangan lupa untuk berdoa. Ada banyak doa yang bisa dilakukan: dengan menggunakan Sedih Misteri Rosario, Novena Kerahiman Ilahi, Berdoa Mazmur Pertobatan (Mazmur 6, 31, 50, 101, 129 dan 142). Undang istri, anak, dan teman-teman Anda untuk berdoa bersama.
  • Jangan lupa untuk mengikuti jalan salib di gereja pengabdian. Atau jika Anda tidak punya waktu, Anda dapat melakukan jalan salib di rumah.
  • Carilah buku-buku rohani Katolik. Anda dapat membaca buku tentang kehidupan St / Santa, atau membaca buku kisah Yesus dari Nazareth yang ditulis oleh Paus Benediktus XVI (dapat ditemukan di Gramedia dan diperoleh dengan harga 20 ribu), atau Anda bisa meluangkan 10 menit untuk membaca Alkitab
  • Berdermalah. Berikan sumbangan dalam bentuk uang, makanan, obat-obatan, dll kepada mereka yang membutuhkan. Menjalani Masa Prapaskah dengan berderma pasti lebih terasa hikmatnya.

“Semoga Masa Prapaskah bagi setiap umat kristen menjadi masa ketika pengalaman akan kasih Allah yang diberikan kepada kita dalam Kristus diperbaharui, kasih yang harus kita berikan kembali kepada sesama kita setiap hari, khususnya bagi mereka yang paling menderita dan membutuhkan kasih kita.” – Paus Benediktus XVI

 

Facebook Comments
Baca juga  Berikut Daftar Lagu Pilihan Masa Prapaskah dan Paskah

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply