Rekoleksi Penutupan Asrama Putra –Putri St. Albertus Magnus Aek kanopan

510 total views, 5 views today

komsoskam.com – Aek Kanopan, Dalam kunjungan Tim KPKC OKPM (Keadilan Perdamaian Keutuhan Ciptaan Ordo Kapusin Provinsi Medan), seorang asramawan menulis kesan: “Pikiran dan jiwa sehat jika kami dapat mensyukuri apa yang diberikan Tuhan”. Pada 7-8 Maret 2020, tim KPKC menganimasi asramawan/ti St. Albertus Magnus Aek Kanopan dalam kegiatan bertemakan “Jiwa dan Pikiran yang Sehat”. Kegiatan diadakan dalam bentuk rekoleksi.

Kegiatan dimulai sore hari dengan ibadat pembuka. Setelah itu, asramawan/ti disegarkan kembali dengan kegiatan rekoleksi pada 21-22 September 2019 yang bertemakan “Tubuhku yang Sehat”. Setelah penyegaran, Tim KPKC menyampaikan materi lanjutan dari rekoleksi sebelumnya, yaitu ‘pikiran yang sehat’ dan ‘jiwa yang sehat’. ‘Tubuh yang sehat saja belum cukup. Manusia juga harus menjaga pikiran dan jiwanya agar tetap sehat,’ demikian disampaikan oleh Tim KPKC. Kegiatan hari pertama ditutup dengan tontonan tentang orang kudus sebagai contoh orang yang menjaga pikiran dan jiwa tetap sehat.

Keesokan harinya, Minggu, asramawan/ti bangun lebih cepat untuk bermeditasi dan berolahraga. Setelah itu, mereka bersiap-siap untuk mengikuti Perayaan Ekaristi bersama umat di Gereja. Selesai Perayaan Ekaristi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Asramawan/ti dibagi 8 (delapan) kelompok. Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan tentang usaha menjaga pikiran dan jiwa yang sehat.

Selain berdiskusi, tiap kelompok dibimbing untuk membuat puisi, lagu dan drama. Masing-masing kelompok menampilkan tentang pikiran dan jiwa, baik yang sehat maupun yang tidak sehat, di asrama dan di sekolah. Ada yang terlihat malu-malu, namun ada juga yang menunjukkan rasa antusias dalam penampilan. Setelah semua kelompok menunjukkan kebolehannya, Tim KPKC menyampaikan kesimpulan atas seluruh kegiatan yang bertema besar “Asrama Sehat”.

Setelah itu, asramawan/ti diminta menuliskan kesan dan pesannya selama kegiatan. Pembina asrama, Bapak Simanjuktak menyampaikan harapannya agar kegiatan rekoleksi dapat membuat asramawan/ti Aek Kanopan menjadi lebih patuh dan Disiplin. “Salah satu tanda pikiran dan jiwa sehat kalau kita patuh dengan peraturan dan menghargai yang lebih tua,“ ucap Bapak Simanjuntak.  Kegiatan ditutup dengan foto bersama di depan dalam aula asrama dan makan bersama. Tim KPKC yang beranggotakan Shelpy Sihaloho dan Roni Matondang menyampaikan terima kasih atas kebaikan para pembina dalam menjamu tim KPKC. Semoga asramawan/ti semakin menjaga kesehatan di asrama!

 

(Shelpy Adriana Sihaloho)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply