Menjadi Agen Sosialisasi Vaksin, Jurnalis Warga Deliserdang Belajar Jurnalistik

 150 total views,  1 views today

Deliserdang – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat ada empat kabupaten/kota dengan rerata vaksinasi mingguan di atas rata-rata di Sumatera Utara yang saat ini tercatat 3.657,22 dosis data per Jumat, 27 Mei 2022.

Kabupaten/Kota Terpilih dengan Rerata Vaksinasi Tertinggi di Sumatera Utara
Sumber : Kementerian Kesehatan (Kemenkes), 27 Mei 2022

Rerata vaksinasi tiga kabupaten/kota teratas dengan angka di atas 5.000 dosis adalah Simalungun, Langkat dan Asahan serta Deliserdang dengan masing-masing nilai 7.506 dosis, 5.455 dosis, 4.584 dosis, dan 4.372.

Deliserdang sebagai salah satu daerah yang mendapat perhatian dari PPMN (Perhimpunan Media Nusantara) untuk mengembangkan komunitas Jurnalis Warga dalam rangka percepatan vaksinasi. Maka bersama 10 orang jurnalis warga Deliserdang yang telah terpilih, diadakan pelatihan, mentoring dan penulisan. Mereka dibentuk pula menjadi agen sosialisasi vaksin Covid 19 yang telah berlangsung dari Februari hingga Mei 2022.

Para jurnalis warga selama empat bulan lamanya telah dibekali pengetahuan mengenai pentingnya vaksinasi, strategi vaksinasi hingga teknik penulisan jurnalistik. Maka untuk kegiatan penutup, sabtu, 21 April 2022 bertempat di Coffe Town, Koordinator Jurnalis Warga yakni Sry Lestari Samosir mengadakan mentoring ke empat guna menggali lebih dalam teknik menulis opini. Opini adalah produk jurnalistik yang dapat menjadi ruang saluran argumentasi kepada masyarakat misalnya untuk menyampaikan pentingnya vaksinasi covid 19.

Pada kesempatan tersebut hadir narasumber Jansudin Saragih sebagai pemateri. Jansudin menguraikan teknik menulis opini. Diskusi berjalan seru dan lancar, dan tak lupa membedah karya jurnalistik dan riset temuan dari PPMN untuk mengasah kepekaan Jurnalis warga akan isu vaksinasi yang terjadi di daerah Deliserdang.

Baca juga  Refleksi Atas Diskusi Publik : "Membentuk Pemahaman Vaksinasi Covid 19"

“Semoga nantinya Jurnalis Warga dapat berkarya nyata melalui berita faktual dan mencerdaskan dan mampu melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai hal-hal penting contohnya mengajak vaksinasi,“ ujar Sry.

Sebagai penutup penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, pemerintah mengimbau agar semua orang ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona.

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply