Kiat Tetap Sehat Selama Karantina Mandiri #dirumahaja

16,216 total views, 1 views today

Pemerintah menghimbau kepada rakyat untuk menerapkan karantina mandiri #dirumahaja. Selama di rumah kita wajib menjaga kebersihan dan kesehatan. Tak lupa kita juga beribadah dari rumah. Hal ini tak lain bertujuan, untuk menekan laju penyebaran bahkan memutus rantai penyebaran virus corona.  Saat ini muncullah gerakan dengan tagar #DiRumahAja di media sosial. Berbagai aktivitas mulai dari bekerja, belajar hingga beribadah dianjurkan untuk dilakukan di rumah.

Namun, tak perlu cemas, tetap tenang dan jangan panik, berikut beberapa cara agar selama pandemi ini masih mewabah dan mengharuskan kita Karantina Mandiri #dirumahaja

Mengutip dari www.nst.com berikut saran yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesehatan, kebersihan, dan kekebalan umum kita terhadap virus corona dan kuman lain:

  1. Cuci tangan Anda kapan saja Anda bisa dan gunakan cairan, semprotkan atau lap sanitiser sesering mungkin dan hindari menyentuh barang sebanyak mungkin (perlu untuk selalu mengingatkan diri kita sendiri).
  2. Hal pertama ketika bangun, ambil 24 napas dalam dan lambat sambil duduk di tempat tidur. Lakukan hal yang sama sebelum Anda tidur di malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita tidak atau cukup lupa bernapas, dan ini dapat menurunkan kekebalan tubuh kita.
  3. Sebelum sarapan, untuk kesehatan umum kita dan untuk mengurangi kuman di daerah tenggorokan kita, minumlah setidaknya satu gelas penuh air hangat di perut kosongmu, kemudian minum teh panas atau kopi tanpa gula.
  4. Makanlah buah apa saja terlebih dahulu sebelum makan makanan lain.
  5. Ambil satu 1000mg Vit C setiap hari, telah terbukti berkali-kali, bahkan oleh dokter di Wuhan, bahwa Vit C membantu kekebalan tubuh kita terhadap Covid-19 dan virus flu.
  6. Bergeraklah di sekitar rumah Anda sebanyak yang Anda bisa dan berolahraga dengan cara apa pun yang Anda bisa dengan ruang terbatas di rumah Anda. Orang muda yang tinggal di rumah berlantai dua harus berjalan (tidak berlari) naik turun tangga sesering mungkin. Atau hanya berjalan di sekitar rumah.
  7. Setelah Anda menyikat gigi di pagi dan malam hari, bilas mulut Anda dengan obat kumur antiseptik seperti Listerine, kemudian gunakan untuk:

– Berkumurlah dengan tenggorokan Anda (dengan konsentrasi kuman yang lebih tinggi) sebanyak tiga kali

Kemudian tuangkan cairan bekas (masih pembunuh kuman yang kuat dengan sedikit air liur Anda) ke tangan Anda yang ditangkupkan

– Selanjutnya, tutup mata Anda dan gunakan cairan antiseptik bekas pakai yang masih kuat di tangan Anda untuk mencuci seluruh wajah Anda termasuk alis Anda. Wajah Anda adalah area yang sering terpapar dan mengandung banyak kuman,

– Lalu cuci muka dan bilas mulut Anda dengan air bersih.

  1. Jangan lupa tidur dan istirahat cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Hilangkan stres dengan menonton video (tetapi jangan duduk di satu tempat selama lebih dari satu jam), bernyanyi, mendengarkan musik, memainkan instrumen jika Anda bisa dan mungkin, menari jika Anda mau.

Tetap sehat, bersih, higienis, bebas stres dan aman. Karantina Mandiri #dirumahaja siapa takut!

 

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply