TALKSHOW RADIO “PENTINGNYA VAKSINASI BAGI LANSIA”

 166 total views,  1 views today

Medan – Seperti yang kita ketahui bahwasanya vaksinasi di Indonesia tergolong lambat dikarenakan banyaknya kontra akan vaksin itu sendiri. Tak jarang vaksinasi dianggap tidaklah penting terutama bagi para lansia. Anggapan yang paling umum ialah lansia tidak perlu divaksin karena lansia hanya diam dirumah dan tidak akan terserang oleh Covid-19. Pemikiran yang salah seperti inilah yang harus diklarifikasi oleh pemerintah serta tenaga medis dan tokoh masyarakat.

Maka pada tanggal 10 Maret 2022 Pukul 16:00 – 17:00 WIB, Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) menggelar Talkshow Radio di Maria 104.2 Fm. Talkshow ini mengusung tema “Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia”. Talkshow diadakan di Christosophia Catholic Center Medan dan menghadirkan narasumber yaitu Frans Judea Samosir, S.Psi., MPH (Konsultan Medan Plus) dan Putri Yunita Pane, SKM, M.Kes (Akademisi Universitas Prima Indonesia).

Suasana Talkshow Radio “Pentingnya vaksin bagi lansia”

 

“Apakah menurut Ibu dan Bapak vaksinasi ini penting pada Lansia..?” tanya host Radio Maria

“Ya, vaksinasi ini tadi sangat penting bagi lansia pak, apa lagi lansia inikan sangat rentan terhadap penyakit jadi vaksinasi ini sangat penting dan dibutuhkan untuk menghindari penyakit covid-19 pak, akan tetapi untuk lansia yang memiliki riwayat penyakit disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah bisa divaksin atau tidak.” jawab Bu Putri.

“Terus bagaimana upaya atau cara untuk mendekatkan lansia kepada vaksinasi menurut Ibu..?” ujar Frans kembali kepada Bu Putri.

Baca juga  Paus Ceritakan Aktivitas Selama Masa Karantina

“Jika ingin mendekatkan lansia pada vaksinasi yang pertama kita lakukan adalah meluruskan hoax yang beredar, misal dengan konsultasi kepada orang yang dapat kita percaya yaitu dokter, tokoh agama atau pun keluarga kita sendiri”, jelas Putri.

Talkshow berjalan dengan menarik banyak pertanyaan serta jawaban yang diutarakan untuk mengedukasi vaksinasi. Diakhir acara kedua narasumber memberikan saran kepada pendengar di rumah agar selalu mericek informasi dan jangan termakan hoax.

Frans Judea Samosir yang juga dosen di UNPRI mengatakan bahwa kita selaku pengguna internet pasti banyak sekali menemukan berita yang tidak tahu akan kebenarannya (hoax). Jadi untuk bapak ibu yang ingin mengecek kebenaran suatu berita saya sarankan gunakan situs Turnbackhouse.id. Melalui situs tersebut bapak dan ibu bisa mengecek apakah berita yang bapak ibu lihat benar atau hoax.”

Sebagai penutup Putri berpesan kepada pendengar “Selalu lakukan 3T+5M yaitu testing, tracing, treatment, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Karena dengan kita melakukan hal tersebut maka kita membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus Corona dan membantu juga dalam penekanan untuk vaksinasi, mari kita jaga kesehatan demi keluarga dan sekitar kita, Salam Sehat.”

Laporan Jurnalis Warga : Ramel Ebenezer Panjaitan

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply