SMP St. Yoseph Pemuda Medan

195 total views, 2 views today

Gedung sekolah SMP St. Yoseph Pemuda Medan

Sekilas Sejarah

SMP St. Yoseph Pemuda Medan tercatat berdiri pada tahun 2004. Setelah mendapat izin dari Mgr. A.G.P. Datubara pada bulan April 2004 untuk pendirian SMP St. Yoseph Pemuda Medan, maka dimulailah pembenahan fasilitas-fasilitas sekolah dan membentuk Tim Perekrutan Guru-guru. Dengan hirarki: Ketua, RD. Frietz Tambunan, anggota, Bapak Cawir Tarigan dan Bapak Erwin Yapen.

Dalam menyusun Program Sekolah, Pengurus ­Yayasan dibantu oleh Sinar Bornok Sinurat, M.Pd ­bersama Cawir Tarigan. Pengurusan izin pendirian ­sekolah ke Dinas Pendidikan Kota Medan segera ­dilakukan dan Izin Pendirian Sekolah SMP St. Yoseph Pemuda diterbitkan pada tanggal 21 Mei 2004.

Maka SMP St. Yoseph Pemuda menerima siswa baru TP. 2004/2005 dengan jumlah siswa 91, tenaga Pendidik 15 orang dan 3 orang Tenaga ­Kependidikan yang mencakup Tata Usaha, ­Perpustakaan dan Kebersihan.

Dengan fasilitas yang memadai seperti ­Laboratorium Tehnologi Informasi dengan ­jaringan ­internet 24 jam, Laboratorium Bahasa dan ­Laboratorium Sains serta ruang belajar yang mendukung pembelajaran maka SMP St. Yoseph Pemuda mulai melaksanakan proses belajar ­mengajar pada tanggal 12 Juli 2004.

Kepala Sekolah dan Guru di SMP St. Yoseph Pemuda Medan

Keunggulan/ Ciri Khas

SMP St. Yoseph Pemuda Medan menjadi sekolah unggulan, sebab memiliki sejumlah kelebihan/ ciri khas. Berikut ini beberapa di ­antaranya:

  • Kerjasama dan komunikasi antar warga sekolah dengan orang tua siswa terbina dengan baik.
  • Buku Pedoman Siswa ­dibagikan pada awal Tahun Pelajaran.
  • Melaksanakan ­pembelajaran moving class ( kelas bidang studi)
  • Melaksanakan kegiatan Pembinaan Karakter bagi siswa dengan materi “Out Bound” untuk kelas VII, “semi retret” bagi kelas VIII dan “Leadership” bagi kelas IX ( sembilan ) yang dilaksanakan di RPF Nagahuta ­Pematangsiantar pada bulan Januari setiap ­tahunnya.
  • Melaksanakan kegiatan Pentas Seni Siswa setiap tahun yang dihadiri oleh siswa/i, guru, pengurus yayasan, orang tua, alumni serta undangan dan yang menjadi panitia adalah pengurus OSIS dan orang tua siswa.
  • Alumni/ lulusan SMP St. ­Yoseph Pemuda masuk ke ­sekolah favorit dan memiliki prestasi menggembirakan. Di mana dua alumni memperoleh beasiswa penuh di sekolah di Singapura.
  • Pembelajaran berlangsung selama 5 hari ( Senin s/d Jumat) dimulai pukul 07.30 s/d 14.30 WIB dan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari mulai pukul 15.00 s/d 16.45 WIB.
  • Setiap 15 orang siswa ­memiliki 1 pendamping yang tugasnya mendampingi siswa dalam bidang akademik dan sosial di sekolah.
  • Melaksanakan Ujian secara online untuk Ujian Tengah ­Semester dan Ujian Semester.
  • Seminar Bahaya Narkoba bagi siswa/i dan orangtua siswa dengan narasumber dari BAN dan Sat. Narkoba Poltabes.
  • Bagi Kelas VII wajib mengikuti ekstrakurikuler Karate
  • Ada Kelas Peminatan ( IPA, Matematika, B. Inggris dan Seni)
  • Pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi waktu-waktu tertentu dilakukan di luar kelas.
  • OSIS mengelola Kantin ­Kejujuran
Apresiasi sekolah bagi juara kelas dan umum sekolah setiap semester

SMP St. Yoseph Turut Menanamkan Ilham Logo dan Motto Baru Yayasan Don Bosco KAM

Medan – Yayasan Perguruan Katolik (YPK) Don Bosco Keuskupan Agung Medan (KAM), Kamis (24 Januari), menghelat Launching Logo dan Motto baru lembaga tersebut. Acara dimulai dengan misa yang dipimpin Uskup Emeritus KAM, Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap bersama sejumlah Imam Konselebran dan umat – sebagian besar kalangan pendidik.

Dalam homili, Mgr. Anicetus menekankan bahwa pendidikan di bawah Gereja Katolik hendaknya berlandas Kanon 793 (tentang pendidikan) dan Surat KWI. “Dari keduanya itu menjelaskan bahwa tujuan pendidikan bersifat pastoral, menuju kesempurnaan tertinggi yaitu Yesus Kristus,” ucapnya.

Menurutnya, pendidikan di bawah lembaga Katolik hendaknya menyinarkan perdamaian dan ­persaudaraan. “Dan dari itu akan lahir upaya untuk menanamkan nilai-nilai luhur mulia seperti Yesus.”

SMP St. Yoseph Pemuda Medan turut menanamkan ilham logo dan motto baru Yayasan Don Bosco KAM, selaku salah satu lembaga ­pendidikan di bawah payung yayasan ini.

Juara 1 V. Group Hari Pangan Sedunia 2018

 

Tertarik Mendaftar? Baca Info di bawah ini

Contact Person:
Era Laurensia | 0813 6143 5808
Jisman Nainggolan | 0812 6032 3357
e-mail: smp_styosephpemuda@yahoo.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *