RUANG KATEKESE KITAB SUCI (Bagian 13)

166 total views, 1 views today


[Dipahami agar semakin dihayati]

#ANAK & ISTRI YAKUB-ISRAEL (Kej. 35:22b-29; Kej. 46)#

Yakub adalah seorang bapa bangsa. Ia adalah Israel. Daripadanya lahir sebuah bangsa yang besar yang pada akhirnya disebut sebagai Bangsa Israel. Anak-anaknya ada 13 orang yang terdiri dari 12 laki-laki dan seorang perempuan. Ke-13 anak Yakub lahir dari empat orang perempuan, yakni: Lea (7 anak), Rahel (2 anak), Bilha (2 anak), dan Zilpa (2 anak). Lea dinikahi oleh Yakub karena alasan budaya. Rahel dinikahi karena didasarkan oleh cinta. Bilha adalah budak perempuan Rahel yang diberikan oleh Laban, ayahnya. Bilha diserahkan oleh Rahel kepada Yakub untuk memperoleh anak darinya. Zilpa adalah budak perempuan Lea yang diberikan oleh Laban, ayahnya. Zilpa diserahkan oleh Lea kepada Yakub untuk memperoleh anak darinya. Adapun anak-anak Yakub dari keempat istrinya adalah sebagai berikut:

Anak dari Lea: Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Zebulon, dan Dina.

Anak dari Rahel: Yusuf dan Benyamin.

Anak dari Bilha: Dan dan Naftali.

Anak dari Zilpa: Gad dan Asyer.

Selanjutnya, jika Anda mau mengetahui siapa-siapa saja anak dari anak-anak Yakub, silahkan baca Kitab Kejadian bab 46 dan teks lain dalam dalam Kitab Suci yang berbicara tentang keturunan Yakub.

Semoga katekese ini bermanfaat bagi kita. Ignoram Scripturam, Ignoram Cristi Est, yang berarti Tidak mengenal Kitab Suci, tidak mengenal Kristus. Tuhan memberkati kita.

Baca juga  BACAAN INJIL, RABU, 9 SEPTEMBER 2020

Dibuat oleh: Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM.

Facebook Comments

Rina Barus

Menikmati Hidup!!!

Leave a Reply