Rekoleksi Asrama SMA Katolik St. Thomas Pangururan “Asramaku yang Bersih”

2,974 total views, 18 views today

Komsoskam.com – Pangururan, Asrama St. Thomas Pangururan merupakan asrama khusus bagi siswa-siswa SMA Negeri Katolik St. Thomas Pangururan. Sebagai asrama khusus, pembinaan mental dan karakter menjadi tekanan. Untuk itu, Tim KPKC (Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan) OKPM (Ordo Kapusin Provinsi Medan) diundang untuk memberikan pendidikan nilai bagi anak-anak asrama. Sarananya ialah rekoleksi.

P. Harold Harianja, OFMCap, Fr. Mario Ari Leonard Barus, OFMCap dan Shelpy Sihaloho datang sebagai Tim KPKC untuk memimpin rekoleksi selama satu malam dan satu hari. Dimulai Sabtu (26 Oktober 2019), dan berakhir pada Minggu (27 Oktober 2019). Materi rekoleksi yang diberikan ialah ‘Asramaku yang Bersih’. Materi ini merupakan kelanjutan dari materi rekoleksi sebelumnya yang bertemakan ‘Tubuhku yang Bersih’.

Kegiatan dimulai dengan ibadat yang dipimpin oleh Fr. Mario Ari Leonard Barus, OFMCap.. Anak-anak Asrama dihantar untuk memulai rekoleksi dengan mensyukuri kehidupan mereka di asrama. Setelah ibadat, Tim KPKC mengajak anak-anak asrama untuk mengungkapkan motivasi mereka tinggal di asrama. Setelah makan malam, anak-anak asrama menonton film sebagai hiburan sekaligus penutup kegiatan hari Sabtu.

Kegiatan pada hari Minggu dibuka dengan Perayaan Ekaristi di aula yang dipimpin oleh RP Harold Harianja, OFMCap. Dalam khotbahnya, ia menekankan pentingnya kerendahan hati dalam hidup bersama untuk menciptakan suasana rukun dan damai. Setelah Perayaan Ekaristi, Shelpy Sihaloho membagikan materi singkat mengenai keadaan asrama yang bersih. Setelah itu, anak-anak asrama diberi tugas mengamati lingkungan asrama secara berkelompok. Hasil pengamatan ditunjukkan dalam bentuk drama. Masing-masing kelompok menampilkan keadaan asrama dalam bentuk drama yang menghibur. Setelah penampilan drama, RP Harold Harianja, OFMCap. menyimpulkan rekoleksi dengan ajakan agar anak-anak asrama mensyukuri tempat tinggal mereka di asrama SMAK dan mau membina diri agar lebih matang. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama di aula.

Baca juga  Orang Muda KAM Menyambut Tahun Baru 2020, Apa Kata Pastor Komkep?

Anak-anak asrama merasa senang dengan kunjungan Tim KPKC dan merasa tersentuh dengan materi yang disampaikan. Mereka tergugah untuk memperhatikan dan mencintai lingkungan asrama tempat mereka tinggal. Senada dengan anak-anak asrama, Sr. Bernadet Sinaga, KSFL, sebagai pembina asrama, berharap agar anak-anak semakin menjaga kebersihan asrama dan lingkungan tempat tinggal mereka dengan rekoleksi yang diberikan oleh Tim KPKC.

 

(Mario Ari Leonard Barus)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply