Penerimaan Postulan Kongregasi Fransiskanes Santa Elisabeth Medan

 2,299 total views,  2 views today

Pada hari Kamis, 13 Januari 2022 dalam ibadat Sore di Gereja Paroki St Yosef-Delitua,  dalam kebahagiaan penuh syukur berkumpul DPU, DPK FSE sekitar Medan, para suster komunitas FSE dan karyawan diwilayah Delitua,  menyaksikan bersama-sama derap langkah 16 aspiran FSE diterima menjadi postulan dengan  menyatakan keinginan mereka untuk mengenal lebih dekat Kongregasi FSE:

16 Postulan FSE Tahun 2022

(1) Kurniati Sitanggang dari Paroki St Mikael Pangururan; (2) Natalia Lestari Tamba dari Paroki St Pius X- Aek Kanopan; (3) Mercynar  Amdani Simbolon dari Paroki St Pius X- Aek Kanopan; (4) Rika Maria dari Paroki St. Petrus-Tua Bejat;

(5) Maria Are Tasirikeru dari paroki Maria Diangkat Kesurga-Muara Siberut; (6) Elisabeth Sajijilat dari paroki Maria Diangkat Kesurga-Muara Siberut; (7) Yohana Rani Tatubeket dari paroki St Petrus-Tuapejat;

(8) Domitila Samanggeak dari paroki Maria Diangkat Kesurga-Muara Siberut; (9) Teddeh Marito Naibaho dari paroki St. Mikael Pangururan; (10) Yuliana Wilhelmina Makin dari paroki St Maria Imaculata-Larantuka; (11) Rehnayla Andriani Br Sembiring dari paroki St Yosef-Delitua;

(12) Theresia Priscila Siahaan dari paroki St Petrus Batam; (13) Gertrudis Felenti Sihura dari paroki St Maria Diangkat Ke surge-Teluk Dalam Nias; (14) Elisabeth Delvianty dari paroki Renha Rosari-Maumere; (15) Desi Putri Ayu Situmorang dari paroki ST Agatha-Batang Kuis; dan (16) Nirwana Lestari Saragih dari paroki St Petrus Kota Batak-Pekan Baru.

Upacara penerimaan postulant diterima oleh Sr. M. Auxilia Sinurat FSE yang mewakili DPU FSE. Ibadat  berlangsung dengan hikmat. Sebagai tanda syukur persaudaraan, selesai ibadat dilanjutkan dengan acara rekreasi persaudaraan. Acara rekreasi ini dibuka dengan kegiatan santap malam bersama. Kegiatan rekreasi ini penuh keceriaan dan sukacita, keakraban terasa, semua berbaur dalam kegembiraan. Bernyanyi bersama, berjoget bersama dengan kreasi masing-masing yang memyumbangkan hiburan.

Dalam kata sambutan Dewan Pimpinan Umum  Kongregasi FSE yang diwakili Sr. M Auxilia Sinurat FSE, disampaikan Ucapan syukur yang mendalam kepada Tuhan, atas 16 orang remaja putri dikirim Tuhan kepada kongregasi. Di zaman now tantangan hidup membiara dewasa ini tidak ringan, Namun remaja putri generasi zaman z ini berani, bersedia dan rela melepaskan tawaran dunia yang mengiurkan dan masuk dalam kongregasi kita.  

Baca juga  Antisipasi Bahaya Candu Gadget dan Medsos, Umat Paroki Delitua Ikuti Literasi

Saat ini tentu karena para postulan memiliki minat dan ketertarikan untuk hidup sebagai seorang religius dan ingin membaktikan diri kepada Tuhan. Dengan berbagai latar belakang pendidikan, keluarga, budaya, kehidupan beriman, pengetahuan agama dan kedewasaan pribadi. Dihimbau perbedaan satu sama lain mesti memperkaya dan rasa persaudaraan diantar mereka dalam pembinaan awal ini.

Masa menata diri, mengenal Kongregasi lebih dekat lagi.

Pada masa menjalani masa Postulat ini diharapkan para postulan semakin memperdalam dasar keagamaan sebagai Kristiani, untuk lebih dewasa mengenal diri dan sesame. Demikiann juga dalam mengenal kehidupan membiara dengan ikut dalam irama doa, baik doa pribadi, doa bersama.

Para Postulan Kongregasi Fransiskanes Santa Elisabeth juga hendaknya memahami sejarah gereja, menghayati hidup sakramental dan mulai ikut menghayati dan mewujudkan Kaul dan kerohanian Kongregasi sesuai dengan tahapnya. Pembelajaran yang akan diterima dan diajarkan oleh tim Pembina nantinya akan memurnikan, para postulan  sehingga mereka memiliki gambaran yang semakin jelas mengenai ada atau tidaknya panggilan dalam dirinya.

Lebih lanjut disampaikan apapun peristiwa hidup yang akan dijalani, diharapkan para postulan menjadi dewasa menanggapinya karena itu jalan Tuhan untuk mendewasakan mereka. Para postulan sudah dipersiapkan dalam tridium retret  mereka dengan tema “Kuatkanlah Hatimu Ia Memanggil Engkau ”.

Banyak tantangan dan pergumulan yang akan dihadapi maka harus siap untuk menghadapi semuanya, namun Tuhan akan menguatkan hati dan panggilan mereka.

Para postulan diajak menimba semangat perjuangan pendiri kongregasi Sr. M. Mathilda Leender. Leenders sebagai pribadi yang kokoh, ramah, hati-hati, peka, bijaksana dan penyangkalan diri yang kuat, jiwanya tumbuh kuat dan mampu menghadapi setiap kesulitan yang ada. Mengapa bisa? karena doa yang mendalam  menjadi dasar dalam kehidupannya sehingga  mampu melihat wajah Yesus dalam diri sesamanya.

Baca juga  Selamat! Pastor Tri Chandra Fajariyanto, OFMConv. Terpilih Menjadi Minister Provinsial OFMConv. Maria Tak Bernoda Indonesia

Disampikan juga bahwa kebanyakan kesulitan yang dihadapi dalam pembinaan adalah kenyataan bahwa ketika diterima belum memiliki pribadi yang matang sebagaimana yang diharapkan. Maka pada masa postulat ini, merupakan  waktu yang baik dan mulai menata diri untuk mematangkan segi manusiawi dan kristiani yang memadai. Dengan demikian  nantinya menjadi tanah yang subur bagi pertumbuhan hidup religius dan mampu menjadi benih yang subur bagi penanam.  

Kepada para suster dan semua yang hadir terutama kepada tim Pembina postulan di ucapkan terima kasih atas peran yang baik dalam mempersiapkan segala sesuatu terkait perayaan syukur ini dan dimohonkan doa dan dukungan kelangsungan panggilan postulan sebagai benih sejati Kongregasi FSE.

Diharapkan mereka senantiasa bersedia  menjadi teman, pendamping dan membina para postulan dengan siraman kasih dan memupuki mereka dengan kekhasan kongregasi kita dengan menanamkan Kharisma Kongregasi, sehingga mereka menjadi benar-benar FSE yang memiliki kharisma yang menyembuhkan, dan akhirnya  kelak mereka berbuah baik menjadi pelayan kasih yang menyebarkan keharuman cinta Tuhan lewat kongregasi dan gereja.

Kata sambutan ditutup dengan ajakan bernyanyi bersama dengan lagu “Ku Mau bersyukur. Pancaran sukacita tampak pada raut wajah para postulan. Semoga  ke 16 orang postulan FSE setia menanggapi panggilanNya dan tercapai cita-citanya.

 

Untuk informasi seputar Kongregasi FSE, Anda bisa menghubungi atau berkunjung melalui alamat berikut ini.

GENERALAT KONGREGASI  FSE INDONESIA

Jalan Bunga Terompet No. 120, Kel. Sempakata, Kec.  Medan Selayang  Kota Medan

Kode Pos :20131

Email : fselisabeth.25@gmail.com

Sekretariat: 081265553314

 

Facebook Comments

Leave a Reply