Pelantikan Tujuh Saudara Konventual sebagai Lektor

 828 total views,  2 views today

Komsoskam.com – Minister Provinsial Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia RP. Cornelius Tri Chandra M.Fajariyanto OFMConv, pada Senin (17 Januari 2022) melantik 7 saudara muda dalam mengemban tugas sebagai Lektor.

Acara pelantikan digelar dalam perayaan Ekaristi di Kapel St. Bonaventura, Sinaksak-Pematangsiantar. Pastor Tri selaku selebran utama, didampingi RP. Longinus M. Judung; RP. Fictorium Natanael M. Ginting, OFMConv; RP. Gabriel Benteng M. Singarimbun, OFMConv; RP. Florianus Joni M. Saman, OFMConv dan Diakon Eko Gayus M. Sijabat, OFMConv.

Dalam homilinya, Pastor Tri menyampaikan bahwa peran pelayan adalah bagian terbaik saat kita melakukannya dengan setia dan bertanggungjawab, terlebih kita tahu menempatkan diri. “Sebagaimana bacaan Injil hari ini “kantong yang baru harus diisi dengan anggur yang baru”. Di akhir permenungannya beliau mengatakan bahwa totalitas dalam melayani harus ditekankan dan semangat dalam menjalani panggilan harus diperjuangkan,” tutur Pastor Tri.

Lektor adalah pelayan Liturgi. Sebelum dilantik, tujuh saudara Konventual tersebut telah diberikan pembekalan guna mengemban tugas ini. Selain itu, mereka juga telah menjalani latihan dan persiapan diri yang matang untuk menjalankan tugas sebagai lektor sebelum menerima pelantikan. Berikut ini tugas-tugas Lektor ialah:

  1. Membaca bacaan Misa kecuali Injil.
  2. Mengarahkan umat mendengarkan Sabda Allah.
  3. Mempersiapkan teks-teks Liturgi di Ambo.
  4. Membimbing Bina Iman
  5. Mengenal, memahami dan mentransfer Sabda Allah.
  6. Membawa Evangeliarium bila tidak ada Diakon.
Baca juga  Triduum Santo Antonius Padua 7-9 Juni 2021

 

(Rizal Silvester Sitohang)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply