Pesta Emas 50 Tahun Misionaris Pastor James di Indonesia

 359 total views,  2 views today

komsoskam.com – Bertepatan Pesta Santa Perawan Maria mengunjungi Elisabet, diadakan perayaan 50 Tahun Pastor James Bharataputra, SJ sebagai misionaris di Indonesia. Acara berlangsung di Graha Maria Annai Velangkanni, Medan, pada Selasa (31 Mei 2022). Sejumlah Imam, Biarawan-ti serta umat awam turut dalam momen pesta emas tersebut.

Perayaan diawali dengan misa syukur dipimpin Vikjen Keuskupan Agung Medan, RP. Mikael Manurung OFMCap didampingi sejumlah konselebran, termasuk sang jubilaris. Dalam homili, Pasto Mikael mengapresiasi Pastor James atas iman ketekunan menjalankan misi 50 tahun di Indonesia . Dengan rincian, 46 tahun di Keuskupan Agung Medan, dan 4 tahun di Keuskupan Manokwari – Sorong.

“Pastor James telah ditempah oleh Ordo Jesuit dan menempah diri agar siap diutus menuju tempat misi yang jauh. Dia menerima perutusan dari propinsial nya untuk bermisi di Indonesia, dan kini sudah menginjak waktu 50 tahun. Tepatnya tanggal 18 Mei lalu,” kata Pastor Vikjen.

Dia melanjutkan, “Dengan kesederhanaan tampilan fisik, dan kehidupan rohani mendalam itu, Pastor James berkata: Biarlah Tuhan yang mempunyai kehendak, tetapi saya hanyalah sebagai alat untuk dipergunakannya.”

Pastor Mikael mengatakan, Pastor James belajar banyak dari Bunda Maria. “Yang tampaknya diangkat sebagai bendahara pembangunan Graha ini. Pastor James menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan, dan membiarkan Tuhan menyelenggarakan segalanya ke dalam dirinya. Proficiat Father James. Selamat pesta. dan Tuhan memberkati.”

Baca juga  Ini Indonesia?

Dalam sesi kata sambutan, Pastor James turut menyampaikan betapa dirinya juga kagum akan penyelenggaraan Ilahi dalam hidupnya. “Terkagum, bagaimana Tuhan memanggil saya. Bagaimana Tuhan mengantar saya ke Indonesia, padahal saya tidak pernah memimpikan itu. Padahal saya ingin bermisi ke Sri Lanka tapi gagal. Kemudian saya ingin ke Malaysia, itu juga gagal. Dan ternyata Tuhan ingin saya ke bumi Indonesia agar berakar dan berbuah di situ.”

Pastor James mengucapkan terima kasih kepada Allah dan semua orang yang telah membentuk saya. Serta dalam karya membangun pusat peziarahaan Graha Maria Annai Velangkanni. “Saya membangun Graha ini agar bisa meneruskan misi Kristus.”

Dalam momen tersebut, secara simbolis Vikjen KAM menyerahkan Sertifikat Berkat Kepausan dari Paus Fransiskus. Pastor Mikael mengatakan, Bapa Suci Paus Fransiskus mengirim Sertifikat Berkat Kepausan kepada Pastor James Bharataputra SJ, untuk misi karya 50 Tahun sebagai misionaris di Indonesia.

(Ananta Bangun)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Pegawai Komisi Komsos KAM | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply