Perayaan syukur dan Misa Perdana atas Tahbisan Imam dan Tahbisan Diakon di Biara St. Bonaventura Sinaksak

 1,956 total views,  2 views today

komsoskam.com – Pada hari Selasa, 19 Oktober 2021 lalu, 2 saudara muda yakni: RP. Samuel Maria Simangungsong, OFM Conv. RP. Ludovikus Maria Subang Hayong, OFM Conv telah menerima berkat dan rahmat tahbisan suci/ imamat dari kedua tangan Yang Mulia Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap di Wisma Deli Persada Delitua. Selang beberapa hari kemudian yakni pada Sabtu, 23 Oktober 2021 kasih Allah nyata pada acara tahbisan diakon 4 frater yakni: Fr. Robertus Bobih Maria Hermanto, OFM Conv. Fr. Eko Gayus Maria Sijabat, OFM Conv. Fr. Sevan Rinaldi Maria Sembiring, OFM Conv. Fr. Eriksen Okripo Maria, OFM Conv di Gereja Paroki St. Yoseph

Acara yang berlangsung dengan meriah ini tidak lepas dari persiapan dan perjuangan orang-orang yang berperan di belakang layar terutama dari para panitia tahbisan Imam dan tahbisan Diakon sangat-sangat tepat sasaran. Oleh karena itu, sungguh patut disyukuri dan diapresiasi bahwa setiap umat beriman yang ikut ambil bagian dalam memeriahkan acara ini telah memberikan kontribusi diri dan totalitas mereka baik secara finansial, tenaga, pikiran maupun dalam doa-doa mereka membuahkan hasil yang sangat mengagumkan.

Melalui peristiwa iman ini, maka Para pastor dan frater komunitas Biara St. Bonaventura Sinaksak, Pematangsiantar, telah merancangkan suatu acara syukuran atas tertahbisnya beberapa Saudara Dina Konventual menjadi Imam dan Diakon. Pada Kamis, 28 Oktober 2021 pada Pesta St. Simon dan Yudas, Rasul pukul 15.00 Wib, para frater Skolastikat mulai dari tingkat I hingga tingkat VI menerimakan sakramen tobat dan pengampunan dari kedua Imam muda ini. kemudian acara misa syukur dan misa perdana dimulai pada pukul 18.00 yang diawali dengan Ibadat Sore berlangsung dengan meriah dan berjalan dengan baik.

Baca juga  PMKRI Peduli Pelestarian Lingkungan Sumut

Misa syukur ini di pimpin oleh kedua imam muda yang baru ditahbiskan yakni RP. Ludovikus Maria Subang Hayong, OFM Conv sebagai Konselebran utama dan RP. Samuel Maria Simangungsong, OFM Conv yang memberi homily serta didampingi oleh konselebran yang lain yaitu RP. Laurensius Maria Sihaloho, OFM Conv, dan RP. Longinus Maria Judung, OFM Conv dan Diakon Sevan Rinaldi Maria Sembiring, OFM Conv.

Dalam kotbahnya, RP. Samuel Maria Simangungsong, OFM Conv; mengajak semua yang hadir dalam misa syukur ini memahami konteks Yesus Kristus yang berdoa semalam-malaman, berdoa di atas bukit sebagai bentuk perjuangan dan memilih keduabelas murid-Rasul sebagai konteks cinta dari Allah. Beliu mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai biarawan/wati maupun sebagai awam. Di akhir permenungannya, Pastor Samuel melontarkan pertanyaan reflektif yakni seberapa seringkah, seberapa lama kita meluangkan waktu untuk berdialog dengan Tuhan? Seusainya perayaan misa, kedua Imam baru, Diakon dan konselebran lainnya berfoto bersama dengan para frater dan umat yang hadir. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia kecil di Biara St. Bonaventura Sinaksak, Pematangsiantar.

Acara syukuran ini diisi dengan kata sambutan dari perwakilan para pastor, kata sambutan dari yang mewakili para frater serta kesan pesan dari para pestawan yang berbahagia yang telah mendapat pendidikan, pengalaman hidup yang dididik, dibina oleh para formator selama kurang lebih 11 tahun bagi kedua imam muda dan 9 tahun bagi diakon. Acara juga dimeriahkan dari hiburan dari para frater, dan para pestawan. Acara ini ditutup dengan doa penutup dan dilanjutkan dengan rekreasi bersama hingga pukul 23.59 Wib.

Baca juga  Perayaan Syukur Dua Tahun Kemandirian Provinsi Ordo Konventual Indonesia

 

(Fr. A. Silvester Rizal Maria Sitohang, OFM Conv.)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply