Penyusunan Bahan Storytelling Kisah-kisah Menarik dalam Kitab Suci

639 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Pematangsiantar – Komisi Kerasulan Kitab Suci menggelar Lokakarya Penyusunan Cerita-cerita Kitab suci dalam rangka menggiatkan storytelling bagi anak-anak, areka maupun umat secara umum. Acara ini berlangsung di PPU Karangsari Pematangsiantar, 28-30 April 2019 dan diikuti oleh peserta utusan dari paroki, guru agama pembina areka dan beberapa perwakilan Komisi.

Dalam hantarannya ketua Komisi Kerasulan Kitab Suci, Sr. Petronella Karokaro KSSY menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecintaan umat dalam membaca dan memahami Kitab Suci. Salah satunya dengan upaya menggiatkan storytelling yang diharapkan bisa berkontribusi dalam meningkatkan minat anak-anak untuk mengenal kisah iman maupun pelajaran moral dalam kitab suci.

Peserta menyegarkan diri usai lokakarya

Pada kesempatan yang sama Fernando Hadi Sumarta Tamba selaku fasilitator menjelaskan bahwa lokakarya ini nantinya menghasilkan buku cerita kitab suci dalam versi yang ringan, mudah dibaca dan dituturkan kembali. “Sejauh yang kita tahu, Kitab Suci itu menggunakan bahasa yang bisa dipahami orang dewasa, namun sulit dimengerti oleh anak-anak. Jadi kita ingin mengumpulkan kisah-kisah penting dalam Kitab Suci dan mengemasnya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anaknya”ungkapnya.

Metode storytelling ini diyakini penting sebagaimana pengalaman Uskup Emeritus Pius Datubara OFMCap yang mengaku mengetahui cerita Adam dan Hawa bukan dengan membaca kitab suci melainkan mendengar cerita dari orang lain. Hal senada juga diamini oleh Dosen Kitab Suci, Pastor Surip Stanislaus OFMCap, “Karena cerita Kitab Suci yang saya dengarkan dari Mama Sinta maka saya menjadi katolik. Bahkan sampai sekarang bila disinggung tentang tokoh-tokoh Kitab Suci seperti Musa, Abraham dan lainnya maka yang terbayang dalam benak saya tetap saja cerita dari Mama Sinta. Bukannya dari yang telah saya pelajari”ungkapnya dalam suatu kesempatan.

Dalam lokakarya ini peserta dibekali dan dituntun untuk memilih kisah dalam kitab suci yang menarik bagi anak-anak lalu menuangkannya dalam bahasa anak-anak. Usai lokakarya diharapkan tersusun sebuah buku cerita kitab suci yang menarik dan mudah diceritakan bagi anak-anak.  Jansudin Saragih

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *