LOKAKARYA PEMBUATAN BAHAN BKSN 2019

2,796 total views, 1 views today

Komsoskam.com– Pematangsiantar – Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM mengadakan lokakarya pembuatan bahan pendalaman Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN)  yang berlangsung 28 Februari – 02 Maret 2019.  Kegiatan dilaksanakan di PPUKAM Karangsari yang melibatkan 17 orang peserta dari anggota Komisi Kerasulan Kitab Suci beserta utusan dari Komisi Liturgi, Komisi Kateketik, para penerjemah Bahasa daerah dan beberapa utusan dari Paroki.

Kegiatan lokakarya dipandu langsung oleh Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM. Pertama-tama, Sr. Petronella br. Karo KSSY menyajikan gagasan pendukung atau gagasan dasar yang telah disusun oleh RD Yoseph Gultom. Gagasan dasar mengangkat tema “Panggilan dan Perutusan Keluarga Katolik dalam Hidup Bermasyarakat”. Tema ini didasarkan pada Fokus Pastoral 2019, yakni “Keluarga Katolik Memasyarakat”.

Para peserta foto bersama usai lokakarya

Setelah gagasan dasar dipaparkan, selanjutnya peserta dibagi ke dalam empat kelompok. Tugas pertama kelompok adalah menentukan tema BKSN dan empat subtema yang akan didalami dalam empat pertemuan. Penentuan tema dan subtema dibuat berdasarkan gagasan dasar. Setelah setiap kelompok menghasilkan tema dan subtema yang hendak diusulkan, selanjutnya diadakan diskusi untuk menetapkan tema dan subtema yang akan dikembangkan menjadi bahan pendalaman. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengembangkan subtema yang menjadi bagian setiap kelompok menjadi bahan pendalaman. Setiap kelompok mengerjakan satu bahan pendalaman. Setelah bahan pendalaman dikerjakan oleh setiap kelompok, selanjutnya hasil kerja kelompok dilihat bersama.

Peserta sangat serius dalam mengikuti kegiatan lokakarya ini. Bukti keseriusan itu tampak dari dihasilkannya bahan pendalaman untuk dipakai pada bulan Kitab Suci September 2019 yang akan datang. Memang harus dikatakan bahwa bahan yang dihasilkan belum seratus persen final. Peserta sepakat menyatakan bahwa lokakarya belum selesai.

Selanjutnya, bahan diperiksa oleh tim dari Komisi Kerasulan Kitab Suci KAM. Pastisipasi tim dalam proses finalisasi bahan tetap diharapkan. Sehubungan dengan itu, Komisi membuat group WA dengan nama “Lokakarya BKSN”. Group ini dimaksudkan untuk menjadi ruang berbagi dan berdiskusi dalam rangka finalisasi bahan pendalaman BKSN bahasa Indonesia. Bahan pendalaman pun akhirnya final juga berkat kerjasama semua peserta lokakarya. Setelah bahan pendalaman dalam bahasa Indonesia selesai, selanjutnya bahan akan diterjemahkan ke dalam bahasa Karo, Simalungun, Pakpak, dan Toba. (Fernando HS Tamba)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *