Paus Fransiskus Ingatkan Pentingnya Memaknai 70 tahun Konvensi Jenewa

573 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Vatican- Paus Fransiskus mengingatkan pentingnya Konvensi Jenewa 1949, terutama bagi mereka yang terkena dampak konflik bersenjata.

Seperti yang dilaporkan Francesca Merlo dalam Vatican News, Ia menyebut Paus Fransiskus mengingatkan umat beriman yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk turut menandai peringatan ke-70 Konvensi Jenewa.

Mengingat peristiwa bersejarah ini, Paus Fransiskus meminta agar peringatan itu “membuat Negara-negara semakin sadar akan kebutuhan penting untuk melindungi kehidupan dan martabat para korban konflik bersenjata.”

Paus kemudian mendesak semua orang untuk menghormati aturan dan peraturan yang diberlakukan oleh hukum humaniter internasional tersebut.

Paus Fransiskus menyerukan kepada Negara-negara untuk melindungi “populasi tak berdaya dan struktur sipil, terutama rumah sakit, sekolah, tempat-tempat ibadah dan kamp-kamp pengungsi.”

Akhirnya, Paus menyimpulkan dengan mendesak umat beriman untuk tidak “melupakan bahwa perang dan terorisme selalu merupakan kerugian serius bagi seluruh umat manusia”.

Konvensi Jenewa ini merupakan ketetapan bersejarah yang amat penting dan menjadi tonggak penegakan bagi kemanusiaan. Tahun ini, peringatan 70 tahun Konvensi Jenewa 1949 diadakan di Jenewa, Swiss, 12 Agustus di kota Jeneva –Swiss.

Sebagai tambahan,Konvensi Jenewa terdiri dari empat perjanjian dan tiga protokol tambahan yang menetapkan standar hukum Internasional untuk pengobatan kemanusiaan perang. Konvensi Jenewa secara luas didefinisikan untuk melindungi dan mempertahankan hak-hak dasar para tahanan perang (warga sipil dan personel militer); yakni dengan  memberikan perlindungan untuk yang terluka dan memberikan perlindungan bagi warga sipil di dan sekitar zona perang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *