Toleransi Bergama, Katedral Jakarta Sumbang Kurban untuk Masjid Istiqlal

689 total views, 2 views today

Komsoskam.com – Jakarta. Umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta turut memberikan Kurban bagi umat Islam yang merayakannya di Masjid Istiqlal Jakarta, yang berlangsung Minggu 11 Agustus 2019.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam. “Kami terima seekor sapi dari pengelola Gereja Katedral,” kata Abu Hurairah, Sabtu (10/8/2019).

Humas Istiqlal tersebut mengucapkan terimakasih atas toleransi dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh umat Katolik yang berdekatan dengan Masjid Nasional tersebut. “Kami ucapkan terima kasih, karena ini bentuk toleransi beragama yang sudah kami jalin sejak lama,” terang Abu Hurairah.

Masjid Istiqlal yang menjadi Masjid Nasional ini memang menjadi simbol kerukunan umat beragama. Selain karena letaknya yang berada diantara Taman Nasional dan Gereja Katedral Jakarta, Masjid megah ini dirancang oleh seorang arsitek Kristen yakni Frederick Silaban pada tahun 1954. Pembangunanya dimulai pada pemerintahan Presiden Sukarno dan peresmiannya oleh Presiden Suharto.

Sebagai bentuk penghargaan dalam perbedaan, Gereja Katedral juga menggeser jadwal Misa Minggu yang biasanya dimulai pukul 7.00 menjadi 13.00 WIB. Jadwal ini diubah untuk menghormati  umat islam yang menjalankan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal yang berlangsung pukul 7.00 WIB. Menurut Abu Hurairah, hubungan baik ini telah lama terjalin sebagai bentuk kerukunan umat beragama, apalagi yang bertangga.

Salut. Semoga toleransi seperti ini mudah kita temukan dimanapun kita berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *