PIK Paroki Hayam Wuruk Bagikan Tas kepada Anak-anak Bantaran Sungai Deli

677 total views, 1 views today

Komsoskam.com- Medan-  Perkumpulan Ibu-ibu Katolik atau akrab dikenal PIK bersama seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Paroki Santo Antonius Padua, Hayam Wuruk Medan, mengadakan bakti sosial dengan berbagi perlengkapan sekolah kepada warga di bantaran Sungai Deli, Jl. Multatuli, Lingkungan IX Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun (Minggu/7/7 2019)

Rombongan PIK yang dipimpin oleh Maria Hasan didampingi Sekretaris  Siti Nurbaya, dan Bendahara Pratidika Maha dan perwakilan stasi Masniati Ginting, Erthalina Sitepu, Yolanda Ratubuisang, Minaria Saragih serta sejumlah anggota disambut gembira oleh Kepling IX Erwin Surbakti dan anak-anak Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai IV.

Maria Hasan mengatakan tema baksos kali ini, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri (Matius 22:39 ).”  Tujuan berbagi kasih ini sesuai dengan  Fokus Pastoral yang ditetapkan oleh Keuskupan Agung Medan yakni Hidup Memasyakat”. “Hal ini juga sejalan dengan program yang diputuskan oleh DPP Paroki Santo Antonius Padua, Hayam Wuruk yang dipimpin oleh RP John Rufinus Saragih OFMCap” tambah Maria.

Warga bantaran Sungai Deli ini, memang dikenal sebagai perkampungan kurang mampu. Bisa dikatakan, lingkungan ini selalu berada dalam ancaman banjir, bila hujan deras melanda kota Medan.

Aksi sosial kali ini, diadakan bertepatan dengan tahun ajaran baru sekolah. Sehingga PIK ingin membantu meringankan beban orangtua dalam menyekolahkan anak-anaknya yang tentunya butuh perlengkapan sekolah.

Di lingkungan IX, Kelurahan Hamdan ini ada suku Tamil, Jawa, Melayu, Minang, Batak, Nias dan lainnya. Demikian juga agamanya beragam, ada Islam, Kristen Protestan, Katolik, dan Hindu. Namun di tengah keragaman suku dan agama yang lengkap ini,  mereka hidup rukun dan damai.

Maria mengatakan sumbangan yang diberikan adalah perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, buku, dan sejumlah makanan ringan. Ia berharap, sumbangan tersebut bermanfaat dan menjadi motivasi bagi anak-anak untuk menuntut ilmu.

Erwin Surbakti, Kepling IX, yang menerima kehadiran mereka mengucapkan terimakasih kepada PIK Paroki Hayam Wuruk Medan yang telah membantu meringankan beban warganya. Menurutnya pemberian tersebut sangat berharga dan bermanfaat bagi anak-anak sekolah. “Demikian juga kami sangat menikmati indahnya kebersamaan dan berbagi ini ” terangnya.

Erwin menjelaskan bahwa kehidupan masyarakat di lingkungannya cukup damai dan rukun. Namun ia menambahkan ada hal memprihatinkan, bahwa anak-anak sangat minim motivasi untuk sekolah lebih tinggi. “Bagi mereka yang penting cepat dapat pekerjaan meski hanya tamat SD, SMP atau SMA kalau  untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, tampaknya masih minim. Tapi saya tetap berupaya memotivasi mereka agar mereka berani bermimpi dan menuntut ilmu setinggi-tingginya” katanya.

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *