Rekoleksi Asrama Sehat Putera dan Puteri Tiga Binanga

60 total views, 2 views today

Komsoskam.com – Tiga Binanga, Pada 10-11 Agustus 2019, Tim Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KPKC) Kapusin Provinsi Medan berkunjung ke Asrama Katolik di Tiga Binanga. Asrama asuhan Kapusin Provinsi Medan dan Kongregasi SFD ini berkesempatan untuk melanjutkan program rekoleksi Asrama bersama Tim KPKC yang beranggotakan RP Harold Harianja, OFMCap., Shelpy Sihaloho dan Fr. Mario Ari Leonard Barus, OFMCap..

Sebelumnya, Tim KPKC mengadakan rekoleksi Asrama Bersih. Pada kesempatan kunjungan berikutnya ini, Tim KPKC memberikan rekoleksi Asrama Sehat dengan tema kecil: “Tubuhku Sehat”. Baik Asrama Putera maupun Asrama Puteri bergabung untuk mendengar materi yang hendak disampaikan.

Peserta rekoleksi berjumlah kurang lebih 100 orang. Kegiatan dilaksanakan di aula Asrama Putri asuhan Kongregasi SFD. Kegiatan pun dimulai pada Sabtu Sore, pukul 18.00, dengan perkenalan singkat oleh Tim KPKC untuk mencairkan suasana. Setelah itu, para peserta dihantar pada permenungan tentang tubuh sehat melalui ibadat sore.

Malamnya, Tim KPKC menyampaikan materi tentang tubuh sehat. Materi dibagi dua sesi. Pertama, refleksi teologis tentang tubuh sehat. Kedua, panduan praktis untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sebagai selingan, peserta diajak untuk bergoyang dengan Tarian Kewer-Kewer. Selain itu, peserta menonton beberapa video singkat tentang tubuh yang sehat.

Esoknya, peserta mengikuti meditasi alam. Melalui meditasi, peserta diharapkan untuk menyadari tentang pentingnya tubuh dan menjaganya sebaik mungkin. Selain itu, peserta juga diberi kesadaran untuk bertanggungjawab bersama dalam membentuk asrama yang sehat. Meditasi pun dilanjutkan dengan olahraga pagi.

Setelah sarapan, peserta berdiskusi dalam kelompok. Masing-masing peserta membuat niat pribadi dan mendiskusikannya dalam kelompok. Kemudian, setiap kelompok membagikan hasil diskusinya tentang mewujudkan asrama sehat.

Kegiatan rekoleksi ditutup dengan misa yang dipimpin oleh RP Harold Harianja, OFMCap.. Dalam khotbahnya, ia mengajak para peserta untuk menghargai tubuh agar tetap sehat. Setelah misa, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan makan bersama.

Sebelum pulang, baik peserta maupun pembina asrama menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Tim KPKC dan berharap hasil rekoleksi dapat berbuah dalam hidup para peserta. Pendamping asrama puteri yang terdiri atas Sr. Reinata, SFD. dan Sr. Tekla, SFD diwakili oleh Sr. Reinata, SFD.. Pendamping asrama putera yang terdiri atas Simalem Sembiring, Ridwan dan Periyanto Silalahi diwakili oleh Simalem Sembiring.

Tim KPKC pun berterima kasih pada para peserta dan pembina. Secara khusus, Tim KPKC juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari RP Kaprilius Sitepu, OFMCap. selama kegiatan berlangsung. Setelah semua kegiatan berakhir, Tim KPKC pun pergi. Sayonara sampai rekoleksi berikutnya.

 

(Fr. Mario Barus, OFMCap.)

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *