Paskah Okumene Kota Medan: Uskup Agung Medan Ajak Umat Jaga Persaudaraan Sejati

73 total views, 1 views today

Menjemaat, Medan. Kamis, 21 April 2015 tepat pada perayaan Hari Kartini, perayaan Paskah Okumene Kota Medan diadakan meriah di Medan International Convention Center (MICC). Acara berlangsung penuh hikmat dan penuh sukacita, dimulai pukul 16.00 WIB hingga selesai.

Perayaan paskah ini diikuti oleh Wali Kota Medan, Hj. Zulmi Eldin, DPD Parlindungan Purba, sejumlah tokoh masyarakat dan umat dari beragam denominasi gereja dan unsur lapisan masyarakat lainnya.  Perayaan Paskah bersama ini dilayani oleh para pendeta yang tergabung dalam PGI dan Katolik, oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Anicetus B. Sinaga OFMCap. Dalam renungan paskah, Uskup mengajak seluruh umat untuk merenungkan makna kebangkitan Jesus Kristus yang memberikan damai sejati. Mengutip seruan Paus Fransiskus, Uskup Sinaga menyebutkan ada 3 musibah besar yang dihadapi masyarakat Indonesia dan juga kota medan yakni korupsi, narkoba, dan terorisme. Oleh sebab itu Uskup mengajak agak seluruh umat merayakan paskah dengan sukacita dan persahabatan dengan semua orang. “Buanglah segala dendam, dan dengki, mari mengampuni dosa dan salah sesama kita. Kita berikrar damai sejahtera, kita tunjukkan kasih Kristus” ungkapnya.

Beliau juga mengetengahkan teladan Paus Fransiskus yang dengan berani dan tulus, membuang sekat sekat perbedaan dan menunjukkan tali kasih. “Pada hari Kamis Putih Paus Fransiskus berkata “Saya berlutut mecuci kaki saudaraku yang kucintai dari agama muslim. Aku juga mencium kaki saudaraku yang tidak hanya katolik, kristen, tapi juga saudaraku itu dari kulit hitam,” tambahnya.

Uskup mengingatkan bahwa perbedaan bukan petaka melainkan pusaka sebagaimana yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila. Lewat perayaan paskah ini, Uskup berharap agar seluruh orang Kristen tampil sebagai penebar kasih dan perdamaian sebagaimana telah diberikan oleh Tuhan Jesus Kristus.

Ibadah Paskah ini merupakan puncak perayaan yang sebelumnya telah didakan beragam kegiatan seperti pengobatan gratis, pemberian tali kasih pada petugas jenajah, parkir, dan petugas kebersihan RSU Adam Malik. Panita paskah juga memberikan Akta Lahir gratis bagi warga kota medan yang dikoordinir para camat Kota Medan. Bingkisan paskah juga diberikan bagi anak anak penderita kanker, lalu kunjungan ke Rumah Singgah orang tua jompo dan penderita stress.

Acara juga dimeriahkan dengan paduan suara Pemerintahan Kota Medan, Elshadai USU, Magnificat, dan Paduan Suara HKBP. Persembahan menarik juga ditampilkan oleh tim pegelaran drama musikal, GBI rayon Medan dengan perguruan Kristen Metodis yang mana para pemainnya melibatkan ratusan orang yang diikuti oleh agama Kristen, Budha, Hindu, Islam, dan Katolik. Kehadiran kelompok musik Vicky Sianipar juga menambah semarak perayaan paskah tersebut.

 

Jansudin Saragih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *