Misa Perdana Uskup Agung Medan dan Ramah-Tamah Bersama Kapolda Sumut

1,872 total views, 2 views today

Komsoskam.com – Medan –  Kehadiran gembala baru di tengah-tengah umat atas terpilihnya Mgr.Kornelius Sipayung sebagai Uskup Agung Medan sungguh menghadirkan syukur dan sukacita bagi umat. Terdorong akan kerinduan umat untuk bertemu dan beramah-tamah langsung dengan Mgr. Kornelius Sipayung, pada Minggu, 24 Februari 2019, Paroki St. Paulus Pasar Merah, Medan merayakan Misa Perdana dengan Uskup Agung Medan, yang dirangkai dengan acara ramah-tamah dengan Kapoldasu dalam rangka menciptakan suasana kondusif di wilayah Sumatera Utara.

Dalam Perayaan Misa yang dihadiri sekitar 3.500 umat, turut berkonselebrasi RP.Frans Borta Rumapea, OCarm., (Parokus Pasar Merah Medan), RP.Angelus, OCarm., (Pastor Rekan Paroki Pasar Merah), RP.Anton Manik, OCarm., (Komisaris Ordo Carmel Sumut), RP.Aditya Perangin-angin, OCarm., RP. Godlif Sianipar, OCarm. Seturut Bacaan Injil, Mgr.Kornelius Sipayung dalam homilinya menekankan agar umat membangun dan memiliki iman dan kasih tanpa pamrih, terutama kepada musuh dan orang-orang yang membenci, iri dan tidak menyenangi kita. Menyingkirkan sikap ego tentang prinsip jika kita memberi maka kita akan diberi. “Secara manusiawi, kita berprinsip, Orang tidak akan memberi apa yang tidak ia miliki. Tapi kasih sejati tidak memandang itu. Kasih sejati adalah pemberian tanpa batas tanpa menuntut pamrih atau imbalan,” demikian disampaikan Mgr. Kornelius.

Seusai Misa, umat bersama-sama mengikuti acara ramah-tamah yang dihadiri Kapodasu melalui Kabid Hukum Maruli Siahaan, Akhyar Nasution (Wakil Walikota Medan), Binsar Sitanggang (Perwakilan Bupati Deli Serdang), beberapa tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh Katolik. di komplek Gereja St.Paulus Pasar Merah, Medan. Acara ini dikemas dengan penyampaian kata-kata sambutan, lelang untuk pembangunan Kuasi Paroki St.Benediktus – Marindal, penerimaan berkat dari Mgr.Kornelius, silaturahmi dengan caleg asal Paroki Pasar Merah Medan, makan bersama dan hiburan.

Mgr. Kornelius Sipayung menyampaikan rasa syukur dan terima kasih yang luar biasa atas inisiatif umat yang merindukan kehadiran dan sapaannya. Beliau membawa motto Deus Meus et Omnia ke KAM sebagai landasan iman yang akan menuntunnya untuk menggembalakan umat di KAM.

Sementara itu, Kapoldasu yang diwakili Kabid Hukum Maruli Siahaan dalam sambutannya mengucapkan selamat atas penahbisan Mgr.Kornelius Sipayung sebagai Uskup Agung Medan. Beliau juga menghimbau agar umat Katolik dan masyarakat pada umumnya bekerja sama untuk menciptakan suasana yang kondusif di wilayah Sumatera Utara, sejalan dengan iklim dan situasi politik yang sedang berjalan menjelang Pemilu 17 April 2019. “Marilah kita menjaga kondusifitas. Jangan sembarangan membagikan setiap informasi yang berkaitan dengan isu agama dan politik, yang mungkin secara tidak sadar hanya men-share kepada yang lain, namun ini akan mendapat sanksi sesuai UU IT. Demikian pula ujaran-ujaran kebencian atau hate speech, yang akan menimbulkan tindakan-tindakan negatif yang akan merusak hati dan pikiran kita,” tegas beliau.

Setelah menyampaikan sambutannya, Polda Sumut melalui Kabid Hukum Maruli Siahaan memberikan bantuan untuk pembangunan Kuasi Paroki St. Benediktus Marindal, Rp 20.000.000,- Yang menariknya lagi, pada acara ini dilakukan Pembacaan Ikrar Pemilu Damai yang dipimpin oleh Dewan Pastoral Paroki, diikuti oleh seluruh umat yang hadir.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik dan penuh khikmad. Semoga melalui perayaan iman ini, kita semakin diteguhkan dalam panggilan dan pewartaan kita. Deus Meus et Omnia. (AGM)

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *