Kelas Literasi Pacu Novis KSSY Hasilkan Karya Tulis

162 total views, 1 views today

Komsoskam.com – Medan, Sr. Kornelia Tumanggor KSSY, merupakan formator di Novisiat KSSY Medan. Sejak Juli 2019, Suster Kornel dan Komisi Komsos KAM menginisiasi Kelas Literasi bagi Novis KSSY. Kelas ini utamanya mengajarkan keahlian berkomunikasi di bidang menulis dan presentasi.

“Sungguh menyenangkan mengikuti perkembangan para Novis dalam Kelas Literasi. Sebelumnya, para novis merasa enggan jika diserahi tugas menulis karena minimnya penguasaan bahasa baku. Mungkin ada juga pengaruh kebiasaan bertutur di aplikasi bincang daring hingga SMS. Namun kini mereka semakin semangat menulis,” terang biarawati asal Salak, Pakpak Bharat.

Dampak baik lainnya, menurut Suster Kornel, adalah keteraturan tata bahasa. “Dari angkatan novis sebelumnya, ada yang malas menuliskan pengalaman hidupnya setiap hari. Sekarang, mereka telah mengetahui kiat menulis yang baik. Sehingga sekarang ada kemajuan dan cara penulisan makin terarah lebih baik,” ucapnya kepada Komsoskam.com di Medan, Jumat (18 Oktober 2019).

Dalam pandangannya, Komsos KAM telah memfasilitasi Kelas Literasi dengan baik. “Para novis KSSY dipacu untuk terus melatih diri, untuk menulis dan apa yang mereka pelajari bisa langsung tersalurkan atau dipublikasikan. Dengan adanya wadah karya seperti ini, mereka juga semakin semangat menghasilkan karya tulisnya,” ujar Suster Kornel, seraya berharap alumni Kelas Literasi kelak bisa menjadi penulis buku.

 

(Ananta Bangun)

Sr Kornelia Tumanggor KSSY (dok. Pribadi)

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *