Pembaharuan Kaul Kapusin, “Mengenal Identias Diri Sebagai Imago Dei”

 1,285 total views,  1 views today

            Frater Kapusin tingkat I mengadakan ret-ret untuk persiapan pembaharuan kaul di RPF Nagahuta, 3-7 Juli 2022. Adapun ret-ret ini merupakan suatu masa di mana setiap frater diundang untuk mengenang perjalanan menghidupi kaul selama satu tahun silam. 
            Pastor Gabriel Marcel OFM Cap dengan semangat yang penuh menjadi pembimbing ret-ret bagi para frater. Pastor yang akrab disapa dengan Pastor Gebi itu memperkenalkan para frater dengan situasi zaman yang canggih dan perubahan yang serba cepat.    
            “Era modern ini, seorang Kapusin itu harus mengenal sungguh-sungguh identitas dari dirinya, jangan hanya menyandang status saja”, serunya dalam suatu sesi. Semua frater merasa sangat bersyukur memiliki waktu yang khusus untuk merenungkan kembali perjalanan hidup sebagai biarawan Kapusin sejak kaul perdana lalu.

          Setiap topik dalam sesi ret-ret memberikan bekal pengetahuan dan semangat untuk membenahi diri dalam hidup persaudaraan. 
            “Suasana ret-ret ini, meskipun hanya 4 hari, tapi aku sudah puas untuk melihat lagi semua hal yang aku lalui selama 1 tahun ini.”, kata Yopie, salah seorang frater Kapusin dari propinsi Medan.           
            Ret-ret ditutup dengan Perayaan Ekaristi pembaharuan kaul bersama Pastor Walden Sitanggang OFM Cap dan Pastor Ivan Siallagan OFM Cap yang menjadi saksi yang sah.

Baca juga  Kaul Kekal 4 Saudara Muda Ordo Saudara Dina Konventual Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia

           Dengan semangat yang baru, ke-48 frater yang sudah membaharui kaul menempuh langkah baru untuk mengagungkan yang dijanjikan kepada Allah.

Seperti Santo Fransiskus menganjurkan untuk selalu memulai lagi, karena sampai saat ini kita belum berbuat apa-apa.       

Fr. Nicodemus Sihaloho OFM Cap.

Facebook Comments

Leave a Reply