Jelang Tahbisan, Mgr. Kornelius Ucapkan Pengakuan Iman dan Sumpah Setia di Ibadat Sore Meriah

189 total views, 3 views today

KomsosKAM.com – Medan, Jelang Tahbisan Uskup Terpilih, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, Keuskupan Agung Medan (KAM), Jumat (1 Februari), menggelar Ibadat Sore Meriah di Gereja Paroki  Paroki Sta. Maria Tak Bernoda Asal, Medan.

Uskup Emeritus KAM, Mgr. Anicetus Sinaga OFMCap memimpin Ibadat yang dihadiri ratusan umat, Imam, Biarawan/ Biarawati, para Uskup se-Indonesia, dan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo.

Dalam homilinya, Mgr. Anicetus mendorong Uskup Terpilih agar meneladani ajaran Yesus Kristus. Yakni, sebagai Imam, Guru, dan Gembala.

“Sebentar lagi kita akan menunaikan ritus pengakuan Iman dan sumpah setia kepada tahta Apostolik, sebagai persyaratamn seorang yang telah diangkat oleh Sri Paus sebaggai uskup. Setelah ritus ini Uskup Terpilih dapat ditahbiskan sebagai Uskup Diosesan,” terang Mgr. Anicetus.

Dia menjelaskan, ada beberapa alasan mengapa dipersyaratkan pengakuan Iman dan sumpah setia kepada tahta suci. “Yakni, alasan latar belakang sejarah dahulu kala tatkala gereja terpecah belah, oleh sebab ajaran monoteisme pada abad ke-III dan abad ke-XIII.”

Sebelumnya, Mgr. Anicetus mengumumkan pengangkatan Uskup Terpilih oleh Paus Fransiskus, Mgr. Kornelius seusai Misa di Paroki Katedral Medan, pada Sabtu (8 Desember 2018).

 

(Ananta Bangun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *