Jambore OMK Paroki St. Maria Tarutung

231 total views, 3 views today

Semangat untuk mewujudkan Keluarga Rukun di Keuskupan Agung Medan, Paroki St. Maria Tarutung mengadakan kegiatan JAMBORE OMK Se-Paroki, yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juni 2018, bertempat di SMA St. Maria Tarutung, tepat di belakang Gereja St. Maria Tarutung. Kegiatan ini dihadiri oleh 432 peserta OMK mulai dari kelas 1 SMP sampai pada usia yang belum menikah. Setiap stasi yang terdiri 47 stasi, mengutus OMK mereka untuk menghadiri kegiatan ini. Meskipun jarak jangkauan jauh, tidak menjadi penghalang untuk menghadiri kegiatan tersebut.

JAMBORE OMK yang diketuai oleh Bpk. Ramiden Sinaga, ini diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain: seminar yang bertema: APA DAN SIAPA OMK, Outbound, serta pertandingan-pertandingan antar Rayon. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, para OMK diajak untuk semakin menyadari peran mereka sebagai OMK terkhusus dalam kegiatan menggereja sekaligus untuk saling mengenal siapa saudara mereka terutama OMK se-Paroki. Para OMK sangat antusias dan semangat mengikuti setiap kegiatan dalam JAMBORE ini.

Di Hari Jumat, tanggal 29 Juni 2018, tepatnya pada pukul 18.00 WIB, diadakan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Henri Jonson Simbolon dan imam konselebran yakni RD. Anggiat D. Sihotang. Pada Perayaan Hari Raya St. Petrus dan Paulus, Rasul, dalam homili RD. Henri Jonson Simbolon yang sebagai moderator OMK, mengatakan kepada para OMK, “Dalam Injil hari ini, Yesus bertanya kepada para murid-Nya: Menurut kamu, Siapa Aku ini? Seandainya orangtua kita bertanya demikian kepada kita dengan mengatakan, “Anakku, menurut kamu, siapa aku ini?” Bagaimana perasaan Anda dan apa yang ingin Anda katakan?” Melalui pertanyaan tersebut, RD. Henri ingin mengajak para OMK senantiasa untuk mencintai orang tua.

Selain diisi dengan Perayaan Ekaristi, JAMBORE ini juga diisi dengan Ibadat Pembaharuan Komitmen yang dipimpin oleh Fr. John Paul Siboro. Dalam Ibadat ini, para OMK diajak untuk mengingat serta merenungkan masa lalu mereka bersama orangtua terutama dalam kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan kepada orang tua mereka. Seusai diajak untuk bermenung, para OMK juga diajak untuk membacakan dengan suara lantang surat pembaharuan komitmen mereka yang disinari oleh cahaya Api Unggun. Seusai Ibadat, dilanjutkan dengan kegiatan rekreasi. Pada hari Sabtu tepatnya pukul 12.00 WIB, JAMBORE ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RD. Marianus G.A. Kedang sebagai Parokus dan imam konselebran yakni RD. Henri Jonson Simbolon dan RD. Anggiat D. Sihotang. Seusai Perayaan Ekaristi, dilanjutkan makan siang bersama dan berfoto-foto. Fr. John Paul Tri Siboro

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *