Pemberdayaan Perempuan Pesisir Belawan Lewat Pelatihan Olahan Laut

134 total views, 1 views today

Peserta Pelatihan berfoto bersama usai kegiatan

Tepatnya Kamis, 12 Juli 2018 bertempat di Kantor Kelurahan Bagan Deli Belawan, Fellowship Citradaya Nita menggelar Program Pemberdayaan Perempuan Pesisir: ”Jurnalisme Warga Belawan & Cerdas Berwirausaha Olahan Laut”. Program ini dilaksanakan berkat dukungan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN).

Dim Sum Udang, hasil olahan warga setempat

Sebagaimana kita ketahui kehidupan pesisir Indonesia seharusnya menjadikan para nelayan sebagai orang yang kaya karena kekayaan laut Indonesia yang melimpah. Namun kenyataannya, mereka masih berada di bawah garis kemiskinan. Maka dari itu diperlukan berbagai program agar rantai kemiskinan dapat diputuskan. Salah satunya adalah dengan pemberdayaan perempuan pesisir.

Salah satu misi PPMN melalui program Citradaya Nita yakni memberdayakan perempuan agar terbebas dari jerat kemiskinan. Juga diharapkan program ini dapat memberi dampak positif serta perubahan yang lebih baik khususnya bagi komunitas perempuan. Sry Lestari Samosir sebagai penanggungjawab program mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar perempuan pesisir memiliki ketrampilan berwirausahaa berbasis olahan laut agar meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir Belawan khususnya. Selain berwirausaha kegiatan ini juga diiringi pelatihan jurnalisme warga. Tujuannya agar melatih perempuan pesisir menuliskan berita-berita yang terjadi di sekitarnya.

Akhir acara penanggungjawab program Sry Lestari Samosir menutup acara dengan pendeklarasian nama komunitas. Tercetuslah nama “Komunitas Mentari’, perempuan pesisir berdaya dan mandiri. Semoga komunitas ini memberi makna bagi sesama dan lingkungan. Lestari Samosir

 

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *