NEWSSEKOLAHKU

Siswa SMP Katolik Sepematangsiantar Ikuti Prosesi Jalan Salib

Loading

Siswa Siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri se Pematangsiantar dan SMP Bintang Timur Pematangsiantar,  untuk  pertama kalinya mengikuti Prosesi Jalan Salib dan Perayaan Ekaristi secara massal.  Prosesi Jalan Salib dan Perayaan Ekaristi ini dilakukan di Rumah Pembinaan Fransiskan (RPF) Naga Huta, pada hari Jumat 10 Maret 2023.

Kegiatan ini diprakarsai oleh musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) agama Katolik. Hampir 200 siswa dan sekitar 20 guru yang hadir dalam kegiatan tersebut. Hadir juga bapak Alismer Sinaga sebagai Pembimas Agama Katolik Pematangsiantar. Kegiatan  ini membawa kesan dan pengalaman iman yang mendalam bagi para siswa/i beragama Katolik.

Ada sekitar 11 sekolah negeri dan 1 sekolah swasta yang hadir pada kegiatan tersebut. Prosesi Jalan Salib dimulai pada pukul 09.00 WIB mengelilingi lingkungan RPF Naga Huta sepanjang +/- 2km dan berakhir di Capella Naga Huta.

Sekitar jam 11.00 WIB dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Masro Situmorang OFMCap. Gaya komunikasi pastor Masro Situmorang sangat mengena di hati para siswa-siswi. Mereka sangat antusias mengikuti pengarahan dari Pastor.

Kegembiraan terpancar dari wajah mereka dan khotbah Pastor Masro sungguh menginspirasi anak-anak untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Dalam penutup perayaan Ekaristi Pastor Masro Situmorang sangat berharap bila suatu saat beliau boleh memberikan retreat kepada siswa/i yang seluruhnya beragama Katolik.

Baca juga  Tata Ibadat Kamis Putih, Tindakan Simbolik Kerendahan Hati

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama dan akhirnya siswa-siswi bersama para guru kembali ke sekolah dan ke rumah masing-masing.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak remaja kita di dunia globalisasi dan serba canggih ini.

*Noven Sirait

Facebook Comments

Leave a Reply