Impelementasi Kurikulum Merdeka, SMA St. Thomas 2 Gelar Proyek Penguatan Profil Pelajar, Pancasila dan Nilai Nilai Don Bosco

 624 total views,  12 views today

SMA Swasta St. Thomas 2 Medan menggelar proyek Penguatan Pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan dan kearifan lokal. Kegiatan ini diadakan  di komplek lapangan sekolah, Sabtu 29 Oktober 2022.

Kegiatan ini dikemas dengan aneka kreatifias yang menarik, diantaranya berupa pameran busana daerah yang turut dilombakan dalam fashion show. Lomba mewarnai juga memeriahkan kegiatan ini yangmana karya para pelukis muda ini bisa disaksikan langsung oleh setiap pengunjung yang hadir. Tak hanya itu, diadakan juga lomba tarian dan nyanyian yang diikuti secara antusias oleh para siswa-siswi.

Para pengunjung yang hadir juga diberikan kesempatan untuk mengunjungi stand-stand berupa toko buku, alat kecantikan, fashion dan  makanan yang disiapkan para siswa dengan harapan semakin mengenal dan mencintai produk dan budaya sekitar.

Dalam sambutannya Uskup Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap, yang diwakili oleh Vikaris Episkopalis St Petrus Rasul, RD Benno Ola Tage, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat atas prakarsa SMA St. Thomas 2 Medan yang telah memulai menerapkan kurikulum Merdeka Belajar. Beliau menyampaiakan bahwa pada saat acara berlangsung, Uskup Kornelius Sipayung, sedang berada di Bangkok, dalam pertemuan para Uskup Se Asia.

Vikep Benno Ola Tage dalam kesempatan tersebut mengajak para siswa-siswi  untuk menerapkan 4 hal penting yang bisa membantu para siswa menjadi generasi unggul yang berkarakter. Sebagaimana juga diamanatkan dalam nilai nilai Don Bosco yakni bersahabat, berdedikasi dan memerdekakan.

Empat hal yang dimaksud antara lain: Self Awareness, yakni kemampuan untuk tetap sadar diri. Kemampuan untuk berdiri dengan melakukan hal yang baik dan menghindari yang buruk.

Consciousness yaitu kemampuan untuk mendengar suara Allah. Beliau menegaskan, bagi murid Kristen, Yesus telah bersabda,  Jangan lakukan kepada orang lain, apa yang tidak Anda sukai. Sebaliknya lakukan apa yang Anda inginkan dilakukan kepada Anda.

Imagination, Kalian sudah memperlihatkan busana khas daerah dengan pergaan fashion show. Realitas dipelihara dengan imaginasi,untuk dijaga dan dibanggakan.

Independent will, Kehendak bebas. Anda memiliki  kemampuan untuk melakukan, take in action. Anda telah melakukan tindakan konkret dalam kegiatan hari ini. Dan seterusnya juga Anda perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik disekolah maupun disekitar Anda, ungkapnya menutup sambutannya.

SMA Swasta St. Thomas 2, terletak di Jl. S. Parman Medan, dan saat ini dipimpin oleh Sr. Oratna Sembiring SCMM. Sekolah ini dikenal dengan kualitas siswa-siswinya yang unggul dalam bidang seni maupun sains. Demikian juga dengan keragaman suku, seperti Batak, Tionghoa hingga Tamil bisa ditemukan di sekolah ini.

Acara berlangsung dengan ragam penampilan seni dan budaya, hingga pengumuman para juara diumumkan sore hari.  JS

Facebook Comments

Leave a Reply