Tips Hemat Kuota Internet saat Kerja di Rumah

3,504 total views, 1 views today

Pemerintah telah mendesak warganya untuk belajar, bekerja dan beribadah di dalam rumah. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus (Covid-19).  Untuk pekerja yang bekerja di rumah  kemungkinan penggunaan internet kuota meningkat dibandingkan dengan hari biasa.

Penggunaan kuota Internet meningkat karena kerja di rumah . Untuk dapat menghemat penggunaan data, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Streaming Video Unlimited

Jika Anda harus menggunakan layanan data melalui ponsel, maka Anda dapat mengatur batas digunakan dengan video streaming. Dengan demikian, menonton video YouTube dengan batas jangka panjang dan video resolusi tinggi untuk menyimpan data.

Menggunakan WiFi

Ketika negara telah memasang paket berlangganan dengan WiFi, maka Anda harus mengambil keuntungan dari koneksi WiFi. Menggunakan Wi-Fi tentu akan menghemat lebih banyak data dari tethering via ponsel.

 

Mengaktifkan fitur dalam browser

Google Chrome di Android memiliki fitur modus Lite yang Anda dapat mengaktifkan dalam konfigurasi atau pengaturan. Dengan fitur ini, tarif akan merasakan halaman web terbuka. Chrome klaim ke halaman beban lebih cepat dan lebih efisien penggunaan data bisa sampai 60 persen.

Hapus aplikasi

Beberapa aplikasi dapat mengkonsumsi bagian mereka dari Internet tanpa sepengetahuan Anda. Jika tidak benar-benar diperlukan, Anda dapat menghapus limbah aplikasi kuota data.

Sebelumnya Anda bisa memeriksanya apakah ada aplikasi yang banyak mengonsumsi kuota internet. Untuk melakukan ini caranya buka menu Pengaturan, lalu ke Penggunaan Data, Anda dapat melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan atau di latar belakang.

Baca juga  Mengandalkan Doa Selama Covid-19

Kurangi Main Game dan Media Sosial

Ketika belajar atau bekerja dari rumah mungkin Anda kerap kali merasa bosan. Lantas game online dan media sosial menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa bosan.

Demi Hemat Internet di Rumah, sebaiknya Anda menahan diri dari keinginan bermain game online atau mengakses media sosial secara berlebihan.

 

Hemat Internet di Rumah, Ingat.. Ingat.. Ting! Tetap produktif selama di rumah ya!

Jangan lupa cuci tangan dengan sabun. Makan makanan sehat dan bergizi.

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply