Diskusi Publik : Peran Penting Vaksin dan Upaya Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Kelompok Rentan

 221 total views,  1 views today

Deliserdang – Komunitas Jurnalis Warga (JW) Deliserdang  telah melaksanakan diskusi publik mengenai peran penting vaksin dan upaya percepatan vaksinasi kelompok rentan (12/3/2022). Jurnalis Warga Deliserdang dibentuk dalam rangka program perluasan jangkauan vaksinasi oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN).

Diskusi ini diadakan di kantor Yayasan Medan Plus, Jalan Pasar VII Padang Bulan, pada pukul 10.00 hingga selesai. Adapun narasumber yang hadir adalah Ibu dr. Titin Wahyuni dan Bapak Dr. Bakhrul Khair Aman, M.Si.

Masing-masing narasumber membawakan materi tentang vaksinasi dengan sudut pandang berbeda. Pertama, dr. Titin membawakan vaksinasi dari pandangan medis. Kemudian Dr. Bakhrul membawakannya dengan prespektif yang lebih luas terkait strategi percepatan vaksinasi.  

 

Suasana Diskusi Publik (12/3)

 

Acara ini dihadiri oleh 14 anak muda produktif yang sangat antusias menggali dan memahami tentang vaksinasi dan Covid-19. Mereka berasal dari LSM, Mahasiswa, Prekerja Profesional dan Masyarakat Umum. Tujuan acara ini yakni menumbuhkan semangat para anak muda di dalam masyarakat untuk ikut aktif dalam memberi informasi serta edukasi. Mereka adalah para agen yang mensosialisasikan betapa pentingnya vaksinasi di era saat ini demi mencapai Indonesia Sehat.

Kita ketahui bahwa saat ini Indonesia masih memandang covid-19 sebagai Pandemi. Harapannya kelak Indonesia sudah bisa mengganggap covid-19 sebagai endemi dengan arahan dan ketentuan dari WHO. Hal ini tak lepas dari peran serta masyarakat dalam mensukseskan vaksinasi secara global, merata dan menyeluruh.

Baca juga  Covid-19 Menguji Adrenalin Kemanusiaan Setiap Insan (OKPM bantu umat paroki Balige)
Pemaparan dr. Titin

Seperti yang di katakan dr. Titin “Vaksinasi harus dilakukan dengan kesadaran oleh masyarakat itu sendiri. Sebab jika vaksinasi dilakukan secara terpaksa akan menimbulkan dampak strees dan ketakutan. Hal ini disebabkan oleh pihak lain, misalnya berita di televisi tentang kematian yang disebabkan covid-19 dan juga efek samping vaksinasi yang cukup berat.”

“Juga vaksinasi itu penting bagi dirinya sendiri dan oleh orang yang ada disekitarnya. Jangan mendengar Hoaks yang tidak benar tentang pendapat pihak lain tentang covid-19. Sebab hal itu bisa menciptakan rasa takut dan tidak nyaman saat akan melakukan vaksinasi. Nah disini lah peran kalian (anak muda) untuk kawal vaksinasi agar berjalan sukses dan merata”, ujar dr. Titin

Disamping itu, Bapak Bakhrul juga setuju dengan pernyataan dr. Titin. Ia mengatakan bahwa perlu strategi jitu untuk percepatan vaksinasi pada masyarakat rentan.

“Sebenarnya perlu adanya strategi dalam mempercepat proses vaksinasi dalam masyarakat. Meliputi tokoh agama, tokoh adat, tokoh Pendidikan dan tokoh masyarakat itu sendiri. Dan dengan melakukan kegiatan door-to-door yang dibantu oleh tokoh penting yang disebutkan diatas itu mampu untuk memaksimalkan agar terjadinya vaksinasi secara menyeluruh ke pelosok daerah atau daerah terpencil”, Ujar Bapak Bahkrul.

 

Diskusi publik ini ditutup dengan kesimpulan bahwa vaksin sangat penting agar Indonesia cepat menuju endemi. Maka peran andil kaum muda sangat dibutuhkan guna mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi dengan penuh kesadaran dari dalam hati. Tentu hal ini berdampak sangat positif bagi negara jika semua sudah dilakukan dengan cara suka rela, adil dan merata di semua daerah, di wilayah Negara Republik Indonesia.  

Baca juga  Doa Komuni Batin: Aku Rindu Kehadiran-Mu, Tuhan

Penulis

(Arwin Fahri, Jurnalis Warga, SOHIB, Maret 2022).

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply