“Corectio Fraterna”: Bersaudara Dalam Meniti Panggilan

542 total views, 8 views today

Komsoskam.com – Pematangsiantar – Para frater Diosesan se-regio Sumatra, khususnya Tingkat I melaksanakan Corectio Fraterna di Gunung Simbolon, Sinaksak, Sabtu 28 April 2019 . Mereka melaksanakan kegiatan ini, pada 25 April -27 April 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara tahunan dalam formatio di Seminari Tinggi Santo Petrus, Pematangsiantar.

Para Frater Tingkat I ini sangat bersukacita dapat berkumpul bersama dalam membenahi serta melihat kembali perjalanan hidup selama satu tahun silam. Adapun aspek-aspek yang dievaluasi yakni terkait kepribadian, kerohanian, akademik, dan komunitas. Ke-empat aspek tersebut merupakan aspek yang sangat penting dalam pembinaan sebagai calon imam. Dengan adanya evaluasi ini, membuat para Frater semakin menyadari panggilan yang sedang dan kelak akan dijalaninya. Setelah mengevaluasi secara umum, para frater juga saling memberi saran dan masukan satu sama lain terkait sifat dan karakter yang hendaknya dibenahi dan ditumbuh-kembangkan menjadi lebih baik lagi.

Para frater juga tidak hanya melaksanakan Corectio Fraterna, dalam sesi lain juga melakukan pendakian di Gunung Simbolon. Pendakian ini dilakukan agar para Frater semakin mengenal keragaman- hayati dan semakin mencintai alam. Pesan yang dapat dipetik di dalamnya yakni “Jangan tanyakan apa yang dapat diberikan alam untuk kita manusia, tetapi tanyakan di dalam diri kita apa yang dapat kita berikan untuk alam.”

Seusai melaksanakan pendakian, para frater juga melaksanakan misa bersama umat di Stasi Pargapualan, Paroki Santo Yosef Jalan Bali. Para umat, sangat antusias dan bersuka-cita bisa berkumpul bersama dengan mereka. Selain itu, seusai perayaan Ekaristi, umat mengajak para Frater makan bersama sebelum kembali ke Seminari Tinggi. Akhirnya, sesuai dengan tema pembinaan ini tahun ini,  “ Bersukacita dalam Panggilan” membuat para frater semakin bersukacita dalam menjalani panggilan-Nya. ( Fr. Fridolinus Sinaga)

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *