BPJS (Bazar, Pengobatan, Jalan-jalan dan Sembako) ala ST FELIX CANTALICE di Paroki Pangururan

190 total views, 4 views today

Pangururan, Menjemaat

“Sehat itu adalah anugerah yang harus dipelihara” begitulah motto dari Gerakan Peduli Sesama St Felix Cantalice di Keuskupan Agung Medan ini. Kata-kata itu rasanya sangat mengena bagi kita. Sebagaimana dikatakan dalam ungkapan Latin “Mens sana in corpore sano”, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kelompok St Felix dimoderatori RP John Rufinus Saragih, OFMCap., pada 23 dan 24 Maret, mengadakan Gerakan Peduli Sesama di Paroki Pangururan Samosir. Setelah berdiskusi dengan Pastor Paroki, RP Masseo Sitepu,OFMCap maka diputuskan baksos kali ini berlokasi di Stasi Sihotang untuk hari pertama dan Stasi Pintu Batu untuk hari kedua.

Kegiatan hari pertama dibuka oleh RP Giovanno Sinaga,OFMCap. dengan doa dan dilanjutkan dengan Penyuluhan tentang penyakit ginjal oleh Dr Sahat Situmorang,SpPD FINASM. Bakti sosial ini menghelat pengobatan kesehatan gratis bagi warga, penjualan sembako subsidi untuk 200 KK untuk 4 stasi, dan penjualan pakaian layak pakai. Ada 8 dokter, 10 sahabat relawan, 4 sahabat KOAS, 5 suster FSE dan 5 postulan Kapusin dari Vietnam. Para dokter dengan sabar melayani sekitar 200 an pasien dari segala usia termasuk 6 wanita hamil yang diperiksa oleh dokter spesialis, Dr Hedy Tan,SpOG.

Baksos di hari kedua dimulai dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh RP John Rufinus Saragih,OFMCap dan RP Elio Sihombing,OFMCap. Setelah misa, pengobatan kesehatan diadakan di Puskesmas setempat yang berlokasi persis disebelah Gereja St Bonaventura Stasi Pintu Batu. Sekitar 150 an pasien dewasa dan anak-anak dilayani para dokter.

Seorang pasien menyatakan terima kasih kepada dokter yang telah memeriksanya,“Terima kasih dokter sudah datang mengobati kami”. Dan dokter menjawab, “kami yang harus berterimakasih karena kami juga diobati dengan tawa dan penerimaan kalian.” Semoga saja kehadiran Kelompok St Felix Cantalice dalam Gerakan Peduli Sesama menjadi berkat bagi banyak orang. Ya semoga….!!!

(rilis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *