99 Tahun SD Santo Yoseph 1 Medan Mendidik Generasi Tangguh

 620 total views,  2 views today

Hari Raya Santo Yusuf, Sabtu 19 Maret 2022, menjadi hari yang indah, hari yang sangat dinantikan. Pada momen tersebu  tepat 99 Tahun SD Santo Yoseph 1 Medan berkarya bersama Paroki Santa Maria Tak Bernoda Asal Katedral Keuskupan Agung Medan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya di Kota Medan. “Old School Sweet Memories“. Sekolah yang penuh dengan kenangan manis.

Kalimat inilah yang pantas diberikan kepada SD Santo Yoseph 1 Medan atas eksistensinya dalam mencerdaskan generasi Bangsa Indonesia di usia ke 99 Tahun tepat pada Tanggal 19 Maret 2022.

Para pengurus sekolah bersama Romo Sesarius Mau, melepaskan balon dengan penuh sukacita

SD dan SMP Santo Yoseph Jl. Pemuda Medan merayakan “Hari Pesta Pelindung dan HUT ke 99 Tahun” yang dirayakan melalui Misa Syukur di Gereja Katedral yang dipimpin oleh RD. Sesarius Petrus Mau kemudian dilanjutkan dengan acara Litani Santo Yoseph di depan Patung Santo Yoseph yang terletak di bagian halaman sekolah, setelah itu disusul pelepasan balon angka 99, dan ditutup dengan acara ramah tamah.

SD Santo Yoseph 1 Medan merupakan salah satu sekolah swasta dalam naungan Yayasan Perguruan Katolik Don Bosco yang cukup terkenal dan berkualitas di Kota Medan.

Sekolah Dasar Santo Yoseph 1 didirikan pada tahun 1923 dan diberi nama Pelindung “Santo Yoseph” oleh Misionaris Suster SFD yang berasal dari Amsterdam. Para Misionaris tersebut bernama Zr. Edmunda Muller SFD, Zr. Hildegardis de Wit SFD, Zr. Salesia Hazelzet SFD, Zr. Laurentie Pijnerburg SFD, Zr. Leo Pelkmans SFD, dan Zr. Puentiana SFD.

Pada tahun 1996 SD Santo Yoseph terdiri dari 3 sekolah (SD Santo Yoseph 1,  SD Santo Yoseph 2, dan SD Santo Yoseph 3). Namun mengingat Misi awal para Misionaris maka pada akhirnya ketiga sekolah tersebut dimerger menjadi satu dengan nama SD Santo Yoseph 1 Medan.

Baca juga  Pesta Syukur 25 Tahun Otonom Kongregasi Suster Santo Yosef KSSY

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, SD Santo Yoseph 1 Medan selalu memberikan diri untuk menyesuaikan sistem pendidikan dengan berbagai pelatihan yang mendukung pembelajaran.

Dimasa Pandemi Covid-19, SD Santo Yoseph 1 Medan memodifikasi sistem pembelajaran dengan sistem Hybrid Learning yang terintegrasi dengan G-Suite yang di dalamnya memuat sarana pembelajaran seperti Google Classroom, Google Meeting/Zoom, Google Form dan Youtube hasil editing kreasi belajar yang dihasilkan guru.

Hal ini dilakukan agar pendidikan di SD Santo Yoseph 1 Medan tetap berjalan lancar sesuai harapan bersama.

Kini, sistem pembelajaran dilakukan secara tatap muka terbatas sesuai anjuran Pemerintah.

Semoga pandemi cepat berlalu agar sistem pendidikan pulih kembali sehingga para anak didik memperoleh pengajaran dan pendidikan yang lebih maksimal.

Di usia SD Santo Yoseph 1 Medan yang ke 99 tahun, telah melahirkan alumni yang telah mencapai ± 49.000 orang dengan berbagai bidang profesi dan keahlian.

Mari kita doakan agar SD Santo Yoseph 1 Medan tetap jaya dan dicintai di hati masyarakat menjadi Oase dan Dian dalam mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Janes Sihotang, Guru SD Santo Yoseph 1 Medan.

Facebook Comments

Leave a Reply