Wisuda STP Deli Tua dan Serah Terima Gedung Asrama Putra dari Dirjen Bimas Katolik

 1,110 total views,  2 views today

Komsoskam.com – Medan, Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Deli Tua, Jumat (25 September 2020), menyelenggarakan wisuda Sarjana Pendidikan Agama Katolik di Wisma Maximillianus Kolbe – Deli Tua, dengan tema: “Segala Sesuatu Ada Waktunya (Pengkhotbah 3:1-11)”. Upacara wisuda ini diselingi prosesi pemberian Missio Canonica dan juga serah terima Asrama Putra STP Deli Tua dari Dirjen Pembimas Katolik kepada Keuskupan Agung Medan.

Uskup KAM, Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap memimpin misa syukur sebelum prosesi wisuda dimulai. Dalam homili, Mgr. Kornelius menyampaikan bahwa pastoral adalah tugas utama seorang Imam dan juga Uskup. “Karena itu, kita patut bersyukur dan mendukung para awam yang turut dalam karya pastoral, mengenalkan Yesus ke tengah umat,” katanya.

Mgr. Kornelius mendorong para lulusan STP Deli Tua agar belajar mengenal Yesus melalui pengalaman hidup dan doa pribadi. “Melalui pengalaman hidup dan doa pribadi itu lah kita bisa mengenal Yesus secara mendalam. Bukan dari pendapat orang banyak. Ini penting agar kalian bisa mengajarkan Yesus dengan baik kepada umat kelak.”

Dalam kata sambutan usai prosesi wisuda, Mgr. Kornelius juga mendorong seluruh pihak turut meningkatkan kualitas kampus. “Setelah membenahi UNIKA St. Thomas, saya juga akan turun tangan membenahi STP Deli Tua,” kata Mgr. Kornelius.

Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap memberikan kata sambutan dalam wisuda STP Deli Tua

Berbeda dengan gelaran wisuda pada perguruan tinggi lainnya, STP Deli Tua sebagai pendidikan tinggi di bidang keagamaan memiliki tradisi khas untuk menghantarkan calon lulusannya menuju dunia kerja yang nyata sesuai dengan bidang keahliannya, yakni bidang keagamaan dan pelayanan masyarakat. Tradisi khas yang dimaksud adalah Missio Canonica, yaitu perutusan secara kanonik atau perutusan secara hukum gereja, yang dilakukan oleh Uskup atau Imam. Perutusan melalui Missio Conica yang disaksikan oleh umat Katolik tersebut sekaligus menandaskan bahwa lulusan STP Deli Tua merupakan utusan Gereja.

Baca juga  Pelantikan, Serah Terima Dewan Pengawas & Pengurus Yayasan Perguruan Katolik Budi Murni KAM

Dalam kesempatan tersebut, digelar simbolisasi penyerahan Asrama Putra STP Deli Tua dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, Yohanes Bayu Samodro kepada Mgr. Kornelius Sipayung OFM Cap. Ketua Sekolah Tinggi Pastoral (STP) St. Bonaventura – Deli Tua, Paulinus Tibo menyampaikan terima kasih atas dukungan Dirjen Bimas Katolik dalam pembangunan gedung asrama tersebut.

 

(Ananta Bangun)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply