Vatikan Tutup Gereja Katolik di Roma Guna Antisipasi Corona

1,351 total views, 6 views today

Vatikan mengumumkan  tutup gereja Katolik di seluruh Roma. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona. Diketahui wabah ini telah menewaskan lebih dari 1.000 orang di seluruh Italia.

Komsoskam.com Melansir dari detik.com, akhirnya Vatikan untuk sementara tutup gereja Katolik di seluruh Roma. Hal ini guna membendung penyebaran virus Corona. Vikaris (pejabat) kepausan untuk Roma mengatakan gereja-gereja akan dibuka kembali pada 3 April 2020.
“Akibatnya, umat beriman dibebaskan dari kewajiban mereka untuk memenuhi aturan pesta,” kata Kardinal Angelo De Donatis dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir AFP, Jumat (13/3/2020).

Vatikan menghabiskan berhari-hari untuk mengambil tindakan drastis menutup tempat-tempat ibadah di negara yang relijius itu. Vatikan juga menutup museumnya. 

“Ketentuan ini adalah untuk kebaikan bersama,” ujar De Donatis.

 

Larangan Misa

Vatikan juga melarang misa di seluruh negeri dan membatalkan semua pernikahan dan pemakaman. Tetapi gereja sendiri tetap terbuka selama umat beriman mengikuti peraturan pemerintah. Salah satunya yakni tetap terpisah satu meter (tiga kaki) ketika berada di dalam.

Sebelumnya diberitakan, pimpinan umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mendorong para pastor untuk ‘memiliki keberanian’ pergi keluar. Ia berharap keberanian membantu orang-orang yang terinfeksi virus Corona. Seruan ini disampaikan Paus Fransiskus setelah otoritas Italia memberlakukan penutupan terhadap seluruh wilayahnya karena wabah virus Corona.

Harapan Paus Fransiskus

“Mari terus berdoa bersama untuk mereka yang sakit. Terlebih para petugas kesehatan serta banyak orang yang menderita akibat wabah ini,” ucap Paus Fransiskus dalam misa di Vatican City, seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (10/3).

“Mari kita berdoa juga kepada Tuhan, untuk para pastor kita, agar mereka memiliki keberanian untuk pergi keluar dan mengunjungi mereka yang sakit… dan mendampingi para staf medis dan relawan dalam pekerjaan yang mereka lakukan,” ucap Paus Fransiskus. 

 

Baca juga  Pemprovsu Aktifkan Layanan Call Center Virus Corona

Semoga kebijakan tutup gereja Katolik di Roma akan segera berakhir seiring penyembuhan virus corona. Mari saling mendoakan dan menguatkan saudara-saudara kita dimana pun mereka berada. Jangan lupa untuk selalu menjaga daya tahan tubuh. Serta menjaga kebersihan diri. Kiranya Tuhan memberkati.

 

Facebook Comments

Sri Lestari Samosir

Ibu Bahagia. Freelance Writer. Womanpreneur.

Leave a Reply