Tahun Keluarga Amoris Laetitia: Pertemuan Keluarga Sedunia X, 22-26 Juni 2022

 519 total views,  5 views today

Pengantar

Pada 19 Maret 2021 Gereja  merayakan lima tahun diterbitkannya Seruan Apostolik Amoris Laetitia yang mendalami keindahan dan sukacita cinta dalam keluarga. Pada waktu itu juga, Paus Fransiskus  membuka Tahun “Amoris Laetitia Family” yang akan ditutup oleh Bapa Suci pada 26 Juni 2022, pada perayaan Pertemuan Keluarga se-Dunia X di Roma. Tahun “Amoris Laetitia Family” merupakan inisiatif dari Paus Fransiskus. Peringatan ini bertujuan merangkul setiap keluarga di seluruh dunia melalui rencana kegiatan rohani, pastoral dan budaya yang dapat diterapkan di paroki-paroki, keuskupan-keuskupan, universitas-universitas, gerakan-gerakan gerejani dan asosiasi-asosiasi keluarga. Peringatan ini menjadi kesempatan bagi Gereja untuk mendalami, merenungkan dan mensyukuri kekayaan Seruan Apostolik Amoris Laetitia. Pengalaman pandemi menegaskan peran utama keluarga sebagai Gereja Domestik dan pentingnya komunitas yang berhubungan dengan hidup keluarga. Hubungan itu menjadikan Gereja sebagai “family of families” secara otentik (AL 87). Selama satu tahun, keluarga menjadi tempat perayaan, sehingga keluarga dapat diletakkan sebagai pusat perhatian pastoral gerejani.

Sasaran kegiatan ini adalah  “umat mengalami Injil Keluarga sebagai sebuah sukacita yang memenuhi hati dan hidup” (AL 200), “dapat menjadi terang di dalam kegelapan dunia” (AL 66). Para gembala dan keluarga harus berjalan bersama-sama dalam tanggungjawab pastoral, saling melengkapi dalam panggilan yang berbeda di dalam Gereja (bdk. AL 203. Membantu anak-anak dengan aneka kegiatan supaya mereka dapat dengan mudah menyadari pentingnya pembinaan mengenai kebenaran kasih dan pemberian diri . Memperluas visi dan ruang lingkup kerasulan keluarga melalui pendekatan lintas sektoral untuk menjangkau pasangan suami isteri, anak-anak, anak muda, usia lanjut dan keluarga yang berada dalam situasi sulit. Strategi-strategi penerapan Seruan Apostolik Paus Fransiskus dalam masa pandemi, dirancang pada 9 – 12 Juni 2021” dalam pertemuan ketua komisi keluarga Konferensi Para Uskup, Gerakan Internasional dan Asosiasi-Asosiasi keluarga. Bapa Suci  menjelaskan bagian-bagian Seruan Apostolik bersama keluarga-keluarga yang akan memberikan kesaksian tentang hidup harian mereka dalam “10 Video Amoris Laetitia”, yang terbit setiap bulan. Di samping itu ada juga “#Aku adalah Gereja” : video berseri mengenai iman dan keterlibatan pribadi yang berkebutuhan khusus dalam gereja. Selanjutnya ada “Berjalan bersama keluarga”: 12 usulan pastoral konkret bagaimana berjalan bersama keluarga, berinspirasi dari Amoris Laetitia. 12 program ini adalah: proses katekese yang baru di tingkat keuskupan dan paroki tentang pastoral persiapan perkawinan; memajukan pelayanan pastoral pendampingan pasangan suami isteri; pertemuan untuk orang tua dan anak tentang pendidikan dan tantangan-tantangan aktual; pertemuan untuk berefleksi dan berdiskusi mengenai keindahan dan tantangan hidup berkeluarga; memajukan pendampingan pasangan suami isteri yang berada dalam situasi krisis; melibatkan pasangan suami isteri ke dalam struktur pelayanan keluarga di Keuskupan dan Paroki; menawarkan panggilan misioner bagi keluarga dan  menciptakan waktu bagi pembinaan evangelisasi dan program-program misioner; program pendampingan pastoral untuk mereka yang berusia lanjut; melibatkan kaum muda dalam kegiatan yang berefleksi dan berdiskusi mengenai tema-tema seperti keluarga, perkawinan, kemurnian, keterbukaan terhadap hidup, penggunaan media massa, kemiskinan, dan hormat terhadap ciptaan; membuat kegiatan untuk pendampingan dan discermen bagi keluarga-keluarga yang terluka;  pertemuan di paroki dan komunitas melibatkan kelompok-kelompok untuk mendalami Amoris Laetitia dalam rangka membangkitkan kesadaran akan peluang pastoral konkret dalam komunitas gerejawi; mengadakan persiapan Pertemuan Keluarga se Dunia X dengan katekese dan aneka tahap pelatihan untuk mempersiapkan keluarga-keluarga dalam pertemuan dengan Bapa Suci.

Baca juga  Menghayati Hidup Beragama Yang Inklusif Tanpa Kehilangan Identitas

 

World Meeting of Families X (Pertemuan Keluarga Sedunia X)

Pertemuan Keluarga se-Dunia akan dilaksanakan di Roma pada 22-26 Juni 2022. Tema pertemuan itu adalah “Kasih Keluarga : Panggilan dan Jalan Kekudusan.” Paus Fransiskus berpesan:  setelah diundur satu tahun karena pandemi, ada keinginan besar untuk mengadakan pertemuan kembali. Selama ini pertemuan banyak melalui virtual maka kali ini, seturut kemampuan yang ada dan juga suatu Penyelenggaraan Ilahi, dapat diselenggarakan pertemuan dunia yang dapat melibatkan seluruh keluarga yang ingin mengambil bagian dalam komunitas gerejani.  Pertemuan Keluarga ini akan dilaksanakan secara multi sentris dan luas, melibatkan komunitas-komunitas keuskupan di seluruh dunia. Roma menjadi tempat utama penyelenggaraan yang dihadiri oleh beberapa utusan pastoral keluarga yang akan mengambil bagian dalam Festival Keluarga, Kongres Pastoral dan Misa Kudus dan disiarkan ke seluruh dunia.  Dan pada hari itu, setiap keuskupan dapat menjadi pusat pertemuan lokal bagi keluarga-keluarga dan komunitas setempat. Dengan demikian, semua orang dapat terlibat meskipun mereka tidak dapat datang ke Roma.

 

Mengisi Pertemuan Keluarga Se-Dunia X di Keuskupan Agung Medan

Sesuai dengan harapan paus,  komunitas keuskupan diundang  untuk mengelola pertemuan- pertemuan mengacu pada tema dan simbol pertemuan yang telah dipersiapkan oleh Keuskupan Roma. Komisi Keluarga KAM mengharapkan supaya di tingkat keuskupan,  vikariat, paroki, stasi dan lingkungan ada pertemuan yang dinamis, aktif , kreatif dan terorganisir  dengan melibatkan keluarga-keluarga, para suami-istri, gembala  serta berjalan searah dengan pertemuan yang diselenggarakan di Roma.

Keluarga-keluarga di KAM diundang untuk berbagi dan mendalami  katekese “Kasih Keluarga : Panggilan dan Jalan Kekudusan”. 7 tema katekese ini ada dalam bentuk ibadat , buku ibadat  telah disusun oleh Tim Komisi Keluarga dalam 4 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Toba, Karo dan Simalungun. Buku ibadat ini dapat dipakai dalam ibadat keluarga, lingkungan atau stasi sejak 15 Mei 2022 sampai puncak Pekan Keluarga se-Dunia X, 26 Juni 2022.  Kegiatan lainnya adalah mengadakan pertemuan-pertemuan di vikariat, paroki-paroki  dengan mendalami materi-materi yang telah disiapkan panitia dari Roma seperti seminar, konferensi, adoratio, festival dan Misa meriah penutupan. Puncak perayaan Pertemuan Keluarga Sedunia X di KAM akan dipusatkan di Paroki St. Padre Pio Helvetia Medan pada tanggal 26 Juni 2022. Kegiatan ini diisi dengan Perayaan Ekaristi, Seminar, Lomba dan sharing pasutri. Pasutri, anak-anak, anak muda, asosiasi keluarga seperti CFC dan kelompok lain dari Vikariat Medan menjadi peserta kegiatan ini. Diharapkan di vikariat/paroki  di KAM lainnya melakukan hal yang sama. Selain itu gema dari pertemuan keluarga sedunia ini juga digaungkan lewat Lomba Menyanyikan Hymne Pertemuan Keluarga Sedunia X dan Lomba Video Kakek Nenek Inspiratif dalam rangka menyambut Hari Raya Kakek dan Nenek II pada 24 Juli 2022. Lomba ini adalah perlombaan untuk Komisi Keluarga se-Regio Sumatra. Untuk tahun ini Paus sudah menetapkan bahwa tanggal 26 Juni 2022 adalah puncak Pekan Keluarga di seluruh dunia. Maka baik juga pada hari Minggu ini diadakan Pembaharuan Janji Perkawinan di dalam Perayaan Ekaristi dan Perayaan Sabda di paroki dan stasi. Pelaksanaan Pertemuan Keluarga sedunia X di Roma bisa kita ikuti dan saksikan  offline di Roma dan dapat diikuti secara online dalam 5 bahasa melalui youtube channel dari Dikasteri.

Baca juga  Paus Fransiskus Menghimbau Satu Pantang Baru : Mencerca Orang di Media Sosial

Sejalan dengan tema Fokus Pastoral KAM 2022 Keluarga Sumber Panggilan, semoga keluarga-keluarga dengan mengikuti dan berpartisipasi dalam Pertemuan Keluarga Se-Dunia X ini semakin menjadikan keluarga semakin memahami dan menghidupi Kasih Keluarga sebagai Panggilan dan Jalan Kekudusan. We believe in love, we believe in live, we will come with you, Alleluya ( Kami percaya pada cinta, kami percaya pada kehidupan, kami  akan  datang bersamamu, Alleluai). Selamat merayakan Pertemuan Keluarga Se-Dunia X di KAM.

 

Catatan: artikel ini menjadi ralat dalam judul artikel senada di majalah Menjemaat edisi Juni 2022. Yang tercetak “Tahun Keluarga Amoris Laetitia: Pertemuan Keluarga Sedunia X, 22-26 Mei 2022”

 

Ditulis oleh:

Pastor Gindo Saragih, OFMConv | Ketua Komisi Keluarga Keuskupan Agung Medan

Pastor Gindo OFMconv
Pastor Gindo OFMconv
Facebook Comments

Ananta Bangun

Pegawai Komisi Komsos KAM | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply