NEWS

Sermon Bolon dan RAT CU Paroki St Mikael Tanjungbalai

Loading

Paroki Santo Mikael Tanjungbalai baru saja menyelesaikan Sermon Bolon dan RAT CU di PPU, 1-3 Desember 2022. Semua perwakilan KSB dari stasi / lingkungan hadir dalam kegiatan ini.

Banyak hal yang dibicarakan dan dievaluasi diantaranya tentang pelaksanaan Yubileum 75 tahun Paroki Santo Mikael Tanjungbalai.

Evaluasi tentang Fokus Pastoral yang tidak terlaksana dan program-program paroki yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, dan perencanaan program paroki untuk tahun 2023. Dari pihak CU juga masukan tentang pinjaman-pinjaman yang pengembaliannya agak terlambat.

Pada Sermon kali ini hadir Pastor Vikaris Episkopal, RP Fridolinus Simanjorang OFMCap dengan memberikan peneguhan kepada para pengurus. Pastor Vikep menekankan bahwa untuk penerimaan Sakramen, janganlah hendaknya dipersulit.

 

Terutama untuk sakramen Perkawinan, tidak perlu dipersulit apakah karena umat sudah melihat tanggal yang baik (maniti ari) atau karena pastor terlalu sibuk. Kalau memang jadwal pastor kosong, maka silahkan diberkati, yang penting semua persyaratan lengkap.

Pastor Vikep juga mengulas tentang hasil angket Sinodalitas. Pengurus gereja memiliki peran penting dalam hidup menggereja KAM. Tantangannya ialah dari faktor ekonomi, umat minder ke gereja karena tidak dapat melunasi iuran-iuran gereja.

Maka tugas menjadi pengurus gereja merupakan sebuah panggilan pelayanan dan pengorbanan.

Acara ditutup dengan Misa yang dipimpin oleh Pastor Vikep, Pastor Paroki, dan 2 Pastor Vikaris Parokial.

*Saroha Sinaga

Facebook Comments

Leave a Reply