Seorang Saudara Fransiskan Ditahbiskan sebagai Uskup dan Kardinal

546 total views, 2 views today

Komsoskam.com – Assisi 22 November 2020, menjadi hari berahmat bagi kustodi General OFMConv, Sacro Convento Basilika santo Fransiskus Assisi. Seorang saudara terbaik yakni Saudara Mauro Gambetti dipilih menjadi uskup dan Kardinal Gereja Roma. Ia sebelumnya dalah kustos Sacro Convento, Assisi selama 2 periode. Saudara Mauro ditahbiskan menjadi uskup di Basilika Superior (atas) santo Fransiskus Assisi melalui penumpangan tangan delegatus Pontifikal untuk 2 Basilika kepausan di Assisi, Kardinal Agostino Vallini bersama Uskup Assisi, Nocera-Umbra, Gualdo Tadino, Mgr. Domenico Sorrentino dan Uskup Imola, Mgr. Giovanni Mosciatti.

Kardinal dalam homilinya menggarisbawahi tugas sebagai seorang uskup disampaikan demikian: “dari sekarang kamu dapat melihat setiap pribadi dengan mata sebagai seorang bapa, bapa yang baik, sederhana, dan ramah, yang selalu siap untuk mendengar setiap orang yang ingin mengabdi kepadaNya. Seorang bapa yang rendah hati dan sabar dan dalam satu kalimat, seorang bapa yang menunjukkan wajah Kristus sendiri”. Selanjutnya mohonkanlah kepada Tuhna untuk menjaga selalu, sebagai seorang uskup dan kardinal, suatu gaya hidup sederhana, terbuka, perhatian dan tanggap, terlebih kepada mereka yang menderita baik jiwa maupun badan dengan gaya fransiskan yang otentik. Berkaryalah dan jadilah saksi kebaikan dan kasih Kristus. Selanjutnya sebagai uskup kamu dipanggil untuk masuk dalam kolegio Kardinal, untuk membantu bapa Suci, Paus agar bersamanya menjadi gembala yang baik.

Saudara Mauro dalam kata sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mendoakannya. Dan beliau secara pribadi tidak menyangka akan keterpilihannya. Dikatakannya ini adalah scherzo del Papa (kelucuan atau keunikan dari Paus). Ia siap menerima tugas dan pelayanan ini dan berusaha untuk melakukan apa yang dimohonkan oleh Gereja dalam hal ini Paus Fransiskus baginya. Seperti masuk dan berenang di lautan lepas, demikian kalimat yang terucap dari Uskup yang baru ditahbisan ini. Baginya tugas dan pelayanan yang baru ini akan diperjuangkannya demi kebaikan Gereja. Sebab setiap orang ingin merasakan cinta kasih dari Allah sendiri. Sebagaimana Motto yang dipilihnya OMNIBUS SUBIECTI INCARITATE: Dengan penuh kasih bagi semua. Pada 28 november 2020, Mauro Gambetti akan dilantik menjadi kardinal Gereja Roma dan masuk ke dalam sidang konklaf. Ia termasuk salah satu Kardinal termuda dalam usia 55 tahun.

Saudara Mauro Gambetti pernah menjadi minister Provinsial Bologna. Sebagai saudara dari Provinsi Bologna dan sebagai minister Provinsial, ia beberapa kali mengunjungi Indonesia. Dalam sejarah kehadiran Saudara-saudara Dina Konventual (OFMConv) di Indonesia, Saudara-saudara dari Provinsi Bologna yang melanjutkan misi OFMConv di Sumatera pada tahun 1968, setelah sebelumnya berhenti untuk sementara karena saudara- saudara yang sebelumnya telah membuka misi di Bogor pada tahun 1937 kembali ke Belanda pada tahun 1963.

Mauro Gambetti lahir pada  27 Oktober 1965, di Castel San Pietro Terme (Bologna). Setelah menyelesaikan Insinyur mekanik di universitas Bologna. Pada september 1992 memulai hidup dalam ordo OFMConv sebagai Postulan, di Sacro Conventi, Assisi.  Setelah menjalani masa Novisiat di biara St. Fransiskus Asissi di Osimo, pada tanggal 29 Agustus 1995 mengucapkan profesi pertama dan profesi meriah (kekal) pada tanggal 20 septerber 1998.  Setelah menyelesaikan bakalureat teologi di institut Telogi Asissi, beliau melanjutkan studi Licensiat Antropologi Teologi di Fakultas Teologi Italia tengah di Florens. Beliau diitabiskan menjadi imam pada tanggal 08 Januari 2000 di Longiano (Forli-Cesena).

Di biara Longiano, saudara Mauro memiliki tugas sebagai animator bagi pastoral kaum muda dan panggilan bagi wilayah Emilia-Romagna. Dari tahun2005-2009 selain sebagai penanggung jawab animasi panggilan kaum muda, beliau juga adalah Guardian  Komunitas.

Pada musim semi 2009  saudara-saudara dari propinsi OFMConv St. Antonius Padua di Bologna memilih  saudara Mauro sebagai Minister propinsial sampai 2013. Minister General dan Defitoriumnya  mengangkat saudara Mauro menjadi kustos General kustodi General Sacro Convento di Basilika St. Fransiskus Asissi. Uskup Asissi-Nocera Umbra-Gauldo Tadino. Mgr. Domenico Sorrentino mengangkat saudara Mauro  sebagai Vikaris Episkopal bagi Basilika Kepausan St. Fransiskus Asissi dan tempat-tempat kultus lain di bawah pelayanan saudara-saudara OFMConv. Di keuskupan ini. Beliau dipilih kembali menjadi kustos General untuk periode 2017-2021. Beliau juga dipilih menjadi ketua dari para Minister dan Kustos Propinsial dalam yurisdiksi intermediteran (Italia, Spanyol Prancis, Belgia, Portugal, Malta, Turki, Libanon, Romania).

Selamat kepada ke-13 kardinal yang baru, selamat kepada saudara Mauro Gambetti melayani Gereja Kudus.

 

Kontributor: Pastor Fictorium Natanael Ginting, OFM Conv.

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply