Semarak Pesta Paskah Rayon Paroki St. Maria Tarutung

3,223 total views, 199 views today

Menyerentakkan derap langkah memajukan umat beriman untuk membangun Keluarga Rukun, Paroki St. Maria Tarutung mengadakan Pesta Paskah. Pesta Paskah dilaksanakan di setiap Rayon tepatnya pada hari Minggu selama masa Paskah di bulan April-Mei. Paroki St. Maria Tarutung.

Rayon yang melaksanakan Pesta Paskah Rayon antara lain: Rayon Kota, Rayon Garoga, Rayon Pahae, Rayon Sipoholon, Rayon Adiankoting, Rayon Pangaribuan, Rayon Sipahutar, dan Rayon Aek Raja.

Dalam Perayaan Ekaristi, petugas Liturgi yakni Lektor dan Mazmur dipercayakan kepada satu keluarga yaitu Bapak, Ibu dan Anak, begitu juga dengan petugas Doa Umat. RD. Marianus G.A. Kedang selaku Pastor Paroki, dalam homilinya, mengajak umat beriman untuk senantiasa menciptakan Keluarga Rukun baik di dalam Satu Rayon maupun di dalam rumah tangga. Keluarga Rukun berkaitan dengan membiasakan permisi, minta maaf, terima kasih dan minta tolong sesuai dengan tema TPP KAM 2018.

Selain Perayaan Ekaristi, Pesta Paskah Rayon juga diisi dengan beberapa pertandingan yakni Quis Famili 100 yang pesertanya satu keluarga (Bapak, Ibu, dan anak), tari balon yang pesertanya suami istri, lomba makan telur yang pesertanya suami istri, lomba menghias wajah yang pesertanya suami-istri. Kegiatan pertandingan tersebut dirancang sesuai dengan makna Keluarga Rukun. Pertandingan ini juga diselingi dengan beberapa hiburan.

Pada tanggal 1 Mei 2018, Pesta Paskah Rayon diakhiri dengan kegiatan Jalan Santai yang dilaksanakan di Rayon Kota. Kegiatan Jalan Santai ini dihadiri sebanyak kurang lebih 400 umat beriman yang terdiri Bapak, Ibu, dan anak. Umat beriman sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Selesai kegiatan jalan santai, umat beriman berkumpul di lapangan SMA St. Maria untuk mengikuti senam pagi yang dipandu oleh Bapak Marbun. Seusai senam pagi, kegiatan dilanjutkan dengan membagikan hadiah Lucky Draw. Kegiatan ini ditutup dengan Doa Penutup serta berkat dari RD. Marianus G.A. Kedang. Selama kegiatan Penutupan Pesta Paskah Rayon ini, umat beriman sangat setia menghadiri kegiatan ini sampai selesai. (Fr. John Paul Tri Siboro)

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *