Ret-ret Para Imam Diosesan KAM,”Gaudete et Exsultate.”

803 total views, 2 views today

Komsoskam.com- BingkawanSebanyak 15 Imam Diosesan Keuskupan Agung Medan, mengadakan ret-ret tahunan pada tanggal 16 s/d 20 September 2019 di Jericho, Bingkawan. Pada kesempatan tahun ganjil ini (2019) seluruh Imam Diosesan Keuskupan Agung Medan diberi kesempatan untuk melaksanakan ret-ret per kelompok/pribadi, dan pada setiap tahun genap wajib dilaksanakan secara bersama. Meskipun demikian, ret-ret bersama setiap tahunnya tetap difasilitasi oleh Keuskupan Agung Medan, yang dikordinir oleh para pengurus Unio.

Kegiatan ret-ret ini ber-tema-kan; GAUDETE ET EXSULTATE (Bersukacita dan bergembiralah), yang dikordinir oleh RD. Petrus Simarmata bersama dengan RD. Eka Sutapa. Tema GAUDETE ET EXSULTATE ini merupakan seruan Apostolik Paus Fransiskus pada 19 Maret 2018. Dalam seruan Apostolik Bapa Suci Fransiskus ini, para Imam dan seluruh umat diajak untuk hidup dalam sukacita dan bergembira menuju kekudusan di dunia dewasa ini. “Bersukacitalah dan bergembiralah” (Mat.5:12), kata Yesus kepada mereka yang dianiaya dan dihina oleh karena Dia. Kita diajak untuk menggemakan ulang panggilan kepada sukacita dan kegembiraan menuju kekudusan, dengan mencoba mewujudkannya dalam konteks masa kini, dengan segala resiko, tantangan dan peluangnya. Sebab Tuhan telah memilih kita masing-masing, yang unik, berbeda dan sesuai dengan karisma masing-masing, supaya kita kudus dan tak becacat dalam kasih di hadapan-Nya.

Kegembiraan dan sukacita hidup menuju kekudusan itu tidak hanya milik para Uskup, Imam ataupun Religius. Akan tetapi, seluruh umat dipanggil untuk kudus, menghayati seluruh hidup dengan kasih dan memberikan kesaksiannya masing-masing setiap hari di mana kita berada, baik itu sebagai seorang Imam, Umat, sebagai Bapak/Ibu, sebagai Petani, Pejabat, Pekerja, Pedangang, Pelajar dan lain sebagainnya. Semoga dengan ret-ret ini para Imam semakin hidup dalam gerak-sikap kekudusan, bersukacita dan bergembira dalam hidup pelayanannya kepada seluruh umat di manapun mereka berada.  (RD. Julianus Tarigan)

Jansudin Saragih

"Carpe diem" | Youtube : 2share4life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *