Postulan Ordo Saudara Dina Konventual Menimba Semangat Pertobatan Santo Fransiskus Assisi

 656 total views,  1 views today

Pada tanggal 05-09 Juli 2021, sebanyak 16 postulan II Ordo Saudara Dina Konventual Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia melaksanakan kegiatan retret persiapan memasuki masa Novisiat di Biara St. Bonaventura (BITORA), Sinaksak-Pematangsiantar. Kegiatan retret dibimbing oleh RP. Fictorium Natanael M. Ginting OFMConv. Beliau adalah Imam Konventual yang telah menyelesaikan pendidikan Fransiskanologi di Italia.

Proses retret dimulai dengan Sakramen Rekonsiliasi yang dilayani oleh RP. Yustinus Laurensius M. Sihaloho OFMConv. Setelah menerima sakramen pertobatan, dilanjutkan dengan misa pembukaan retret oleh Pastor pembimbing. Materi kegiatan retret mendalami semangat pertobatan St. Fransiskus Assisi yang termuat dalam wasiatnya. Suasana hening  (silentium magnum) mewarnai kegiatan retret, sehingga para peserta semakin menjalin relasi intim dengan Allah Trinitas Mahakudus. Kegiatan retret juga diisi dengan meditasi dalam Adorasi yang dipimpin oleh Fr. Robertus Eko M. Eriwibowo OFMConv.

Dalam materi retret, para saudara muda diajak untuk melihat semangat pertobatan St.Fransiskus Assisi, dimana Allah sebagai aktor utama dalam pertobatannya. Dalam perjumpaannya dengan orang kusta, St. Fransiskus melihatnya sebagai Kristus yang tersalib. Dia juga sangat menghormati Ekaristi kudus yang dihidangkan para Imam tanpa memandang kehidupan Imam yang merayakan perjamuan kudus tersebut. St. Fransiskus juga melihat saudara sebagai rahmat yang ia terima dari Allah. Demikianlah materi retret yang membawa para fransiskan muda untuk menimba semangat pertobatan dari orang kudus pelindung Italia tersebut. Pada konferensi terakhir retret, RP. Fictorium Natanael M. Ginting OFMConv.,  menyimpulkan seluruh materi dan menekankan bahwa semangat pertobatan yang dibangun oleh saudara-saudara muda harus bercermin dari St. Fransiskus Assisi. Apabila semangat pertobatan tersebut dilakukan,  maka para saudara muda akan mendapat sukacita yang sejati dan sempurna seturut semangat St. Fransiskus Assisi.

Baca juga  Perkuat Kaderisasi, PMKRI Medan Santo Bonaventura Gelar MPAB

Kegiatan retret ditutup dengan perayaan Ekaristi Kudus di Kapel St. Bonaventura-BITORA, yang dipimpin oleh RP. Fictorium  Natanael M. Ginting OFMConv. Inti khotbah mengerucut pada ajakan agar para saudara selalu mengobarkan semangat pertobatan seturut teladan bapa serafik St. Fransiskus Assisi. Para saudara muda calon Novis juga diajak untuk menjadi “Fransiskus masa kini” dengan menjadikan diri sebagai pentobat. Dengan jalan demikian, para saudara mampu membawa keselamatan Allah bagi dunia. Melalui kegiatan retret ini, enam belas saudara Postulan II menyatakan diri untuk siap memasuki masa Novisiat yang menerima jubah pertobatan pada tanggal 15 Juli 2021.

 

(Fr. Aldo Nahak & Fr. Ermanus Sembiring)

 

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply