Komlit KAM Gelar Sosialisasi TPE 2020 Bagi Kalangan Imam, Biarawan/ Biarawati & Awam

 668 total views,  4 views today

Komsoskam.com – Komisi Liturgi Keuskupan Agung Medan (KAM), Sabtu (3 Juli), mengadakan sosialisasi Tata Perayaan Ekaristi 2020 bagi kalangan Imam, biarawan/ biarawati dan sejumlah awam. Puluhan hadirin turut dalam acara yang berlangsung di Pusat Spiritualitas Karmel MBK Tanjung Pinggir, Pematang Siantar.

Panitia mengawali sosialisasi dengan informasi bahwa Tata Perayaan Ekaristi edisi 2021 telah dipromulgasikan oleh Konferensi Waligereja Indonesia pada 27 Desember 2020 dan diluncurkan pada 7 Mei 2021. “Sebelum buku baru ini digunakan di Keuskupan Agung Medan, Uskup Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung OFMCap melalui Komisi Liturgi menghendaki sosialisasi dilaksanakan lebih dahulu,” tutur Ketua Komisi Liturgi KAM, Pastor Emmanuel Sembiring OFM Cap.

Pastor Emmanuel mengatakan, Mgr. Kornelius meminta Komlit KAM untuk memandu sosialisasi di setiap vikariat se-KAM.

Sebelumnya, Komlit KAM telah menghelat kegiatan serupa bagi beberapa Vikariat. Diantaranya Vikariat Doloksanggul, Vikariat Kabanjahe, Vikariat Sidikalang, Vikariat Pangururan, Vikariat Pematangsiantar, dan Vikariat Aekkanopan.

Dia menambahkan, sasaran utama peserta sosialisasi ini adalah para Pastor, Diakon, dan Seksi Liturgi Paroki. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam pertemuan langsung atau tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi.

Dalam sosialisasi di Tanjung Pinggir, Pastor Emmanuel memaparkan empat tujuan kegiatan tersebut. “Pertama, peserta mengartikan buku TPE 2020 sebagai edition typica (acuan) bagi pelaksanaan Perayaan Ekaristi di seluruh Indonesia juga berbahasa daerah; sarana pemersatu baik Gereja Partikular maupun Universal.”

Baca juga  Ketua STP Bonaventura - Deli Tua, Paulinus Paul Tibo: “Saya Memang Lahir dari STP”

“Untuk tujuan kedua, peserta mengetahui informasi perkembangan yang menimbulkan kerelaan baru untuk merayakan Ekaristi sesuai dengan TPE 2020: diseminasi. Dan ketiga, Peserta semakin memahami Imam bertindak sebagai in persona Christi dalam Perayaan Ekaristi.”

Sementara dalam tujuan keempat, kata Pastor Emmanuel, setiap peserta sosialisasi menentukan pelaksanaan sosialisasi TPE 2020 kepada umat di Paroki masing-masing.

 

(Ananta Bangun)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply