Porseni SMA Se-YPK Don Bosco KAM: Semakin Bersaudara dan Berkarakter

Loading

Komsoskam.com – Medan | Pelaksanaan Porseni SMA se YPK Don Bosco KAM di buka oleh Kacabdis Wilayah I Dinas Provinsi Sumatera Utara Augus Sinaga S.Pd. S.ST, Kamis 19 Oktober 2023, di Aula SMA St. Thomas 1 Medan dengan pemukulan gong, didampingi Ketua YPK Don Bosco KAM, RP Yosep Yuki Hartandi, CDD, dan Ketua Panitia Porseni, Mangantar Simbolon SPd, yang disaksikan oleh para Guru perwakilan dan seluruh peserta Porseni.

Suasana pembukaan porseni SMA Don Bosco KAM

Dalam sambutannya August Sinaga, sungguh mengapresiasi kegiatan Porseni tersebut. Menurutnya Porseni ini akan menjadi ajang untuk menggali potensi non-akademik para siswa. Sehingga pertumbuhan, perkembangan dan pemikiran terhadap wawasan anak terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Semoga Porseni ini menjadi umpan balik bagi seluruh sekolah di bawah naungan YPK Don Bosco KAM dan berharap para Kepala Sekolah melakukan perencanaan yang lebih baik lagi di tahun berikutnya” ungkap August Sinaga.

Ketua Yayasan Pendidikan Katolik Don Bosco KAM, RP Yosep Yuki Hartandi CDD pada sambutannya mengucapkan selamat berproses. Pastor Yuki berpesan bahwa seluruh siswa yang ikut Porseni adalah saudara kandung. “Karena satu Yayasan. Maka, gunakan Porseni ini sebagai ajang persaudaraan” katanya.

“Tidak ada bully, ejek-mengejek apalagi kekerasan. Kita bertanding sebagai saudara dan yang dituju adalah persaudaraan kita”.

Lebih lanjut ketua Yayasan menambahkan bahwa yang ingin dicapai dari Porseni ini bukanlah menang-menangan. Ingin menang boleh tapi tidak boleh menang-menangan (menang sendiri), itu bukan tujuan kita. Tujuan kita adalah memupuk rasa persaudaraan sebagai anak-anak Don Bosco,” ucap Pastor Yosep Yuki Hartandi CDD.

Saat ini Yayasan Pendidikan Don Bosco KAM mengelola TK, SMP dan SMA sebanyak 90 Sekolah dengan jumlah sekitar 33.000 siswa. Guru dan karyawan sebanyak 2.300 orang.

Pastor Yuki Hartandi CDD dan para pengurus yayasan bersama panita berfoto bersama.

Ketua Panitia Porseni, Mangantar Simbolon S.Pd ketika ditemui usai acara pembukaan menuturkan kegiatan Porseni ini diadakan berawal dari usulan Bapak-Ibu guru khususnya Olahraga dan Seni.

Usul ini ditampung para Kepala Sekolah, kemudian direncanakan dalam bentuk Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang mempertandingkan beberapa cabang Olahraga dan Seni.

Selanjutnya, usulan dan rencana ini disampaikan ke Yayasan dan langsung disetujui.  Selain untuk mengembangkan bakat siswa, kegiatan ini juga diharapkan mempererat persahabantan di kalangan Siswa dan juga pengembangan karakternya.

Jumlah sekolah peserta Porseni SMA se-YPK Don Bosco KAM ada 19 sekolah SMA. “Ini masih permulaan, di tahun depannya kita melaksanakan di semua tingkatan dari TK, SD, SMP dan SMA. Jadi, tahun 2023 ini dibuka untuk SMA dan tahun depannya bisa dibuat akbar lagi” kata Romo Yuki.

(Parulian Tinambunan)

Facebook Comments

Leave a Reply