Pesta Pembangunan Stasi St. Yoseph Tungkam Jaya

41 total views, 1 views today

Menjemaat, Tungkam Jaya. Pesta pembangunan yang diadakan pada hari Kamis, 5 Mei 2016 dibuka dengan perayaan Ekaristi HR Kenaikan Tuhan Yesus. Seluruh umat berdatangan ke stasi yang berjarak sekitar 50 KM dari Pangkalan Brandan tersebut. Diperkirakan ada sekitar 600 umat hadir dalam kegiatan ini.

Umat di Stasi St. Yoseph Tungkam Jaya sedang berusaha  menyelesaikan pembangunan gereja. “Kita, harus ikut merasakan sakit walau kita berada di stasi lain. Kita adalah satu Gereja.” Kata Romo Slamet membakar semangat umat dalam sambutannya untuk membuka acara pesta pembangunan gereja Stasi St.. Yoseph Tungkam Jaya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pesta pembangunan. Berbagai sambutan dan acara lelang diadakan. Berbagai jenis makanan dan benda-benda rohani dilelangkan. Tidak ketinggalan, para Romo pun menyumbangkan lukisan karya mereka untuk dilelangkan. Umat cukup antusias mengikuti acara sampai selesai.

Sudah 3 tahun ini kami bermimpi memiliki gereja yang lebih baik. Selama ini, kami was-was dengan kondisii gereja yang sudah retak-retak. Semoga, mimpi kami ini dapat terwujud,” demikian harapan salah satu umat di Stasi St. Yosep Tungkam Jaya.

Menarik bahwa tidak hanya orang tua yang ikut berpartisipasi. Orang muda katolik pun ikut berperan serta dan ikut terlibat menurut cara mereka. Sebuah gerakan yang patut diapresiasi. Mereka ikut ambil bagian dalam proses pesta pembangunan tersebut. “Inilah cara kami. OMK Paroki St. Paulus Pangkalan Brandan ingin ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Kami ada dan kami mampu membuat sesuatu,” demikian ungkap Sutari Simanjuntak mewakili teman-temannya.

Proses pembangunan telah direncanakan sejak akhir tahun 2015. Proses pembangunan dimulai awal bulan bulan Februari dengan meruntuhkan bangunan lama dan menurunkan tanah. Peletakan pertama diadakan pada kahir bulan Maret 2016. Setelah itu dilanjutkan dengan pembangunan pondasi. Kini, pondasi dan tiang pancang telah berdiri tegak. Uluran tangan dari umat, para donatur akan membantu umat untuk menyelesaikan bangunan yang telah dimulai tersebut.

Rm. Slamet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *