PESTA MISA PERDANA PASTOR VIETNAM DI KATEDRAL MEDAN

442 total views, 1 views today

Minggu, 19 Agustus 2018 di Gereja Katedral Medan tampak suasana yang berbeda saat itu, tampak seperti ada persiapan khusus di Perayaan Ekaristi pukul 10.00 WIB. Banyak terlihat papan bunga menghiasi halaman parkir Gereja. Hari itu merupakan perayaan syukur misa perdana RP. Antoni Nguyen Van Viet, SMMR. Perayaan Ekaristi pukul 10.00 WIB yang dipimpin oleh beliau didampingi oleh 7 imam lainnya terlihat meriah. Beliau menerima tahbisan imamat oleh Mgr. Anicetus B. Sinaga bersama dengan 3 imam lainnya di Paroki St. Maria Tarutung, 12 Agustus yang lalu.

Ada keunikan yang dirasakan oleh umat pada perayaan misa perdana ini, RP Antoni bukanlah putra dari Paroki Katedral Medan, melainkan beliau adalah seorang imam yang berkewarganegaraan Vietnam. Beliau bertugas di Paroki Katedral sejak frater (tahun 2015) hingga sekarang.

Dalam homili yang dibawakan oleh RD Eka Bhakti Sutapa, beliau menyampaikan bahwa hidup sebagai seorang imam tidak mudah seperti yang dibayangkan oleh banyak orang pada umumnya, tentunya perlu persiapan, ketahanan uji, batin yang sungguh kuat dalam menjalani hidup sebagai seorang imam. Bahkan sering terkesan imam serba salah. Seusai perayaan Ekaristi dilanjutkan acara ramah tamah dan makan bersama. Terlihat antusiasme umat dan para pengurus gereja dalam memberikan sambutan untuk imam yang baru ini. Tak hanya umat, para suster dan frater yang berkarya di Paroki Katedral juga turut merayakan kegembiraan ini melalui persembahan lagu dan tarian untuk imam yang baru.

RP. Antoni untuk saat ini masih bertugas di Paroki Katedral Medan. Selamat bertugas dan berkarya buat RP. Antoni Nguyen Van Viet, SMMR. Semoga tetap setia pada panggilan dan menjadi gembala yang murah hati. Christofher Tarigan

Jansudin Saragih

Carpe diem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *