Pertemuan Formator Ordo Saudara Dina Konventual (OFM Conv) Indonesia

 636 total views,  6 views today

Sinaksak, Biara Santo Bonaventura

Selama sepekan dari 30 november – 3 desember 2021, para formator di Provinsi Maria Tak Bernoda Indonesia, Ordo Saudara Dina Koanventual (OFMConv) mulai dari tingkat seminari, postulant, novis dan seminari tinggi (skolastikat) mengikuti pertemuan tahunan. Kegiatan ini berlangsung di biara santo Bonaventura, Sinaksak, Simalungun. Pertemuan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru. Seyogianya pertemuan ini dilangsungkan pada bulan agustus karena situasi pandemi, akhirnya ditunda dan dilaksanakan pada minggu akhir November.

Selain membahas tentang program selama satu tahun di setiap jenjang pendidikan, pertemuan kali ini juga menjadi kesempatan untuk  membahas dan mengoreksi serta menyelesaikan direktorium Pendidikan Awal Provinsi Maria Tak Bernoda, Indonesia yang sejak 2 tahun lalu  pada Juni 2019 telah berdiri menjadi Provinsi mandiri.

Pertemuan ini dipimpin oleh P. Tarsisius Robert Zhon Piter Sihotang, OFMConv, selaku ketua Komisi Pendidikan Awal sekaligus Vikaris Minister Provinsial. Seluruh rangkaian pertemuan membahas dan memaparkan Direktorium pendidkan dan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program tahunan Pendidikan awal Ordo oleh masing-masing penanggung jawab rumah Pendidikan. Pemaparan dimulai dari tingkat Seminari menengah Santo Fransiskus Assisi, Bandar Baru Postulat OFMConv, Santo Yoseph, Delitua, Novisiat OFMConv, Santo Antonius Padua, Siatasan, Tiga Dolok, dan Post Novisiat (Skolastikat) Santo Bonaventura, Sinaksak.

Disela-sela pertemuan, diadakan juga serah terima tugas sekretaris Komisi Pendidkan Awal (KPA) dari P. Samuel Simangungsong OFMConv kepada P. Fictorium Natanael Ginting, OFMConv oleh Ketua KPA, P. Tarsisius Robert, Zhon Piter Sihotang, OFMConv yang disaksikan oleh seluruh formator yang hadir. Pada sesi terakhir pertemuan disampaikan oleh ketua KPA, bahwa akan ada pendampingan Psikologi dari Ibu. Angela dari Universitas Atma Jaya Jakarta bersama Tim kepada para formandi. Di samping itu, para formator juga mendapatkan kesempatan untuk mendalami  psikologi untuk membantu pendampingan dan formasi bagi para formandi di setiap jenjang pendidikan. Program ini akan dimulai pada awal januari 2022 bertempat di Biara Santo Bonaventura, Sinaksak. Pertemuan berikutnya akan diadakan pada bulan Mei 2022.

 

(Fictorium Natanael Ginting, OFMConv)

Facebook Comments

Ananta Bangun

Suami berbahagia dari Eva Susanti Barus | Sering menulis di blog pribadi anantabangun.wordpress.com

Leave a Reply