Pernas IV Katekis “Pembaharuan Semangat dan Karya Katekese Zaman Now”

543 total views, 5 views today

Komsoskam.com- Denpasar-Bali-  Pertemuan Katekis Nasional yang ke empat ini berlangsung lancar dan penuh inspirasi. Kegiatan yang berlangsung 26-29/08/2019, di Hotel Sun Island, Kuta-Bali ini dihadiri oleh 80 katekis lapangan dari 37 Keuskupan bersama 6 penghubung Komisi Kateketik dari masing-masing Regio yang hadir.

Acara diawali dengan misa pembuka yang dipersembahkan oleh Mgr.Silvester San (Uskup Denpasar) dan didampingi oleh imam yang hadir.  Dalam kesempatan ini, hadir pula Ketua Komisi Kateketik KWI, Mgr.Paulinus Yan Olla, MSF bersama Sekretaris Eksekutif Komkat KWI dan timnya.

Acara diisi oleh Mgr.Edmund Woga,CSSR  yang menyemangati peserta dengan pengalaman dan semangat bermisi bagi para katekis. Para peserta juga diajak untuk saling menguatkan dan meneguhkan dengan berbagi pengalaman, suka-duka bermisi di Keuskupan masing-masing.

Peserta Berfoto Bersama, Usai Pertemuan Nasional IV, Katekis Se Indonesia

Peserta juga dibekali oleh nara sumber, Mgr.Paulinus Yan Olla, dan Didiek Dwinarmiyadi tentang Maximum Illud (Surat Apostolik Tentang Penyebaran Iman Katolik di Seluruh Dunia), Spiritualitas Katekis, dan Katekis yang berkompeten di Era Milenial.

Dalam kesempatan ini, rangkaian kegiatan dikemas dengan pola 3 M yakni, melihat, menimbang dan memutuskan.  Tidak hanya berbagi pengalaman tetapi turut memutuskan untuk mengatasi tantangan atau masalah yang terjadi.

Para katekis juga dituntun untuk siap menghadapi tantangan dan tuntutan zaman sekarang sehingga mesti menimba inspirasi teologi dan biblis. Oleh karena itu, setiap katekis diharapkan untuk berkomitmen dalam : Pertama, Meningkatkan kualitas diri (ilmu dan ketrampilan yang handal). Kedua, Menjadi teladan hidup sebagai media utama dalam berkatekese. Ketiga, Menjadi pelopor peradaban kasih secara inklusif,trabsformatif inovatif dan edukatif melalui hidup yang menjadi berkat bagi umat dan masyarakat.

Disamping itu, para Katekis juga menyepakati beberapa gerakan bersama untuk mendorong dan mendukung komitmen tersebut diantaranya, membentuk paguyuban Katekis, membuat modul katekese  kontekstual, mengembangkan katekese patriotik-kebangsaan, kaderisasi dan pelatihan/workshop Katekis, menjalin persaudaraan lintas  agama, megembangkan pastoral berbasis data, mengembangkan katekese digital dan kerjasama lintas komisi dan pihak terkait dalam menangani katekese anak.

Kagiatan Pernas IV Katekis ini ditutup dengan misa kudus yang dipimpin oleh Mgr.Paulinus Yan Olla, sekaligus mengutus para Katekis ke Keuskupan masing-masing dan menutup seluruh rangkain acara Pernas secara resmi. BM/YT

Yoseni Turnip

Freelance Content Writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *