Peringatan 50 Tahun Pendaratan Manusia di Bulan: Paus Fransiskus Beri Pujian

561 total views, 1 views today

Komsoskam.com – Vatikan – Memperingati 50 tahun pendaratan pertama umat manusia di permukaan bulan, Paus Fransiskus beri pujian dan harapan untuk pencapaian lebih besar lagi.

Dalam audiensi umum kepada ribuan orang yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus (21/7), Paus mengajak seluruh umat untuk mengingat peristiwa pendaratan dibulan tersebut sebagai bagian dari kebesaran dan kemuliaan Allah pencipta semesta. “Semoga ingatan akan langkah besar bagi kemanusiaan ini memicu keinginan untuk maju bersama menuju tujuan yang lebih besar: lebih bermartabat bagi yang lemah, lebih banyak keadilan di antara orang-orang, lebih banyak masa depan untuk rumah kita bersama,” ujar Fransiskus seperti dilansir Reuters, Senin (22/7).

Peluncuran misi bersejarah Apollo 11, oleh penjelajah bulan pertama Neil Armstrong dan astronot Buzz Aldrin serta Mike Collins, memikat perhatian seluruh dunia pada tahun 1969.

Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjak bulan, meninggal pada 2012 dalam usia 82 tahun. Sementara itu dua sobatnya yang turut mencipta sejarah gemilang itu masih bisa memberi kesaksian. Collins, sekarang berusia 88 tahun, dan Aldrin adalah berusia 89 tahun.

Pada masa itu Paus Paulus IV turut menyaksikan rekaman pendaratan pertama manusia di permukaan bulan itu. Paus Pulus IV memang menaruh minat besar terhadap ilmu ruang angkasa dan beliau sangat tertarik untuk mempelajarinya di observatorium Vatican.

Saat menyaksikan siaran langsung, Paus Paulus IV segera mengirimkan pesan dan berkat para para astronot tersebut.  “ Kehormatan, salam dan berkat bagi Anda, para penakluk bulan “ katanya dengan penuh kegembiraan.  Bagi Paus Paulus VI, perjalanan ke bulan adalah pengakuan akan kebesaran hasil karya Allah.

Paus Fransiskus berharap agar manusia tetap optimis dan penuh harapan untuk penemuan-penemuan luar biasa, termasuk untuk memperjuangkan martabat orang-orang yang luput dari perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *